TP-PKK Kabupaten Malra Terus Mendorong Dan Memotivasi Pergerakan Semua Dasawisma

  • Whatsapp

Langgur, MalukuPost.com – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Eva Eliya Hanubun mengatakan, pihaknya akan senantiasa memantau, mendorong, dan memotivasi pergerakan semua Dasawisma yang ada di Malra, tidak terkecuali ohoi Langgur.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Penyerahan SK Dasawisma di Ohoi (desa) Langgur, Kecamatan Kei Kecil, Jumat (20/11).

Ohoi Langgur yang memiliki wilayah sangat luas, dengan jumlah kelompok Dasawisma sebanyak 153, tentu dalam pembentukannya tidak semudah seperti di ohoi-
Ohoi yang lain.

Olehnya itu, dirinya memberikan apresiasi kepada Ketua dan Pengurus TP-PKK ohoi Langgur dan TP-PKK Kecamatan Kei Kecil atas komitmen dan dedikasinya dalam berkolaborasi dengan pemerintahan ohoi untuk membangun ohoi Langgur tercinta.

Eva Hanubun menjelaskan, ohoi Langgur berada di tengah-tengah Kota Langgur, disamping ohoi watdek, ohoijang, dan kelurahan Ohoijang-Watdek.

Ketiga ohoi dan satu kelurahan tersebut, harus bersinergi secara baik dengan pemerintah daerah, TP-PKK, maupun semua elemen masyarakat guna bersama-sama merubah wajah Kota Langgur.

Olehnya itu, dengan menggunakan konsep Membangun Dari Pinggiran yang jika diterjemahkan sesuai konsep PKK, berarti Membangun Mulai Dari Kelompok Dasawisma yang terdiri dari 10 sampai dengan 20 Kepala Keluaga.

“Jika 3 ohoi dan 1 kelurahan ini, semua kelompok Dasawismanya terbentuk dan bergerak, maka saya yakin dan percaya, Wajah Kota Langgur akan berubah secara otomatis, sehingga iming-iming kita untuk mendapatkan Penghargaan Kota Adipura akan cepat terwujud,” tandasnya.

Terkait penyerahan SK Ketua TP-PKK Ohoi Langgur tentang Penetapan Kelompok-kelompok Dasawisma (72 Kelompok) merupakan suatu langkah maju, walaupun baru mencapai 46 persen dari target yang harus dicapai yaitu sebesar 100 persen.

Eva Hanubun mengungkapkan, sesuai catatan TP-PKK Malra, ada kelompok-kelompok Dasawisma di ohoi Langgur yang sudah melaksanakan kegiatan 10 Program Pokok PKK, dengan prioritas pada Pemanfaatan Tanah Pekarangan, kebersihan lingkungan, pembuatan kebun-kebun dasawisma, dan administrasi pada tingkat dasawisma yaitu sebanyak 83 kelompok.

“Diantaranya ada 65 kelompok dasawisma yang mengikuti lomba dan 18 kelompok tidak mengikuti lomba tetapi mendapatkan kunjungan dari tim penilai,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pula, atas nama Pengurus TP-PKK kabupaten Malra, Eva Hanubun menyerahkan bentuan bibit untuk keberlangsungan pemanfaatan tanah pekarangan dan kebun-kebun Dasawisma.

“Kami juga akan mengatur jadwal untuk mengunjungi kelompok-kelompok dasawisma yang telah dinilai beberapa waktu lalu sekaligus memberikan bantuan dana pembinaan untuk digunakan sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Dirinya juga menghimbau kepada Ketua dan pengurus TP-PKK Kecamatan Kei Kecil dan juga Ohoi Langgur agar secepatnya menyelesaikan sisa pembentukan kelompok dasawisma di Ohoi Langgur agar semuanya bisa bergerak maju seperti kelompok-kelompok dasawisma yang lain.

Pos terkait