Belum Ada Temuan Varian Baru Covid-19 Di Maluku

  • Whatsapp
Kasrul Selang
ketua pelaksana harian satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang

Ambon, MalukuPost.com – Pandemi Covid-19 berjalan hampir dua tahun. Seiring waktu berjalan, virus corona penyebab Covid-19 juga mengalami mutasi dan menimbulkan beragam varian baru.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan ada 10 varian virus corona yang telah terdeteksi di sejumlah negara, yaitu Varian virus corona Inggris B.1.1.7 (Alpha Varian), Varian virus corona Afrika Selatan B.1.351 (Beta), Varian virus corona Brasil P.1 (Gamma Varian), Varian India B.1.6.7.2 (Delta), Varian Amerika Serikat B.1.427/B.1.429 (Epsilon), Varian virus corona Brasil P.2 (Zeta), Varian B.1.525 (Eta), Varian Filipina P.3 (Theta), Varian Amerika Serikat B.1.526 (Iota), dan Varian India B.1.617.1 (Kappa).

Dari 10 varian tersebut, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, empat diantaranya telah mutasi di Indonesia, masing-masing varian inggris (Alpha varian), varian india (Delta), varian afika selatan (Beta), dan varian (eta).

Terkait hal itu, Ketua pelaksana harian satuan tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang, mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi adanya varian baru yang telah masuk di Maluku.

“Kami akan berkoordinasi dengan Balai Pengawasan Obat Makanan (BPOM) Ambon dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon untuk untuk hal ini,” katanya.

“Jadi kalau ada varian baru yang mencurigkan mereka akan laporkan ke induk mereka disana, untuk diteliti lebih detail, namun sampai sejauh ini saya belum menerima laporan adanya varian baru yang masuk di daerah ini,”katanya menambahkan.

Pos terkait