Pemprov Maluku Serahkan 130 Ekor Hewan Kurban

  • Whatsapp
Penyerahan sapi kurban Gubernur Maluku Murad Ismail seberat 800 kilogram diserahkan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Djasmin Badjak, dan Kepala Biro Kesra Setda Maluku Drs. A.H. Muhamad kepada masyarakat Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (18/7/2021).

Ambon, MalukuPost.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menyembelih sebanyak 130 ekor hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada selasa (20/7/2021).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setda Maluku, Abdul Haji Muhammad menyatakan ratusan ekor hewan yang akan dikurbankan itu terdiri dari 80 ekor sapi dan 50 ekor kambing. Jumlah itu meningkat dari tahun sebelumnya yakni 120 ekor.

“Tahun ini ada peningkatan, tapi tidak banyak karena disesuaikan dengan keuangan daerah,”ujar dikonfirmasi melalui via telepon, minggu (18/07/2021).

Dijelaskan Abdul, hewan kurban yang didapat merupakan kerjasama dengan pihak ketiga, kemudian diserahkan kepada Pemprov Maluku untuk dibagikan sesuai proposal yang masuk, termasuk di Kabupaten Maluku Tengah dan beberapa wilayah lainnya.

“Untuk ratusan hewan kurban ini ditangani oleh pihak ketiga, tinggal diserahkan kepada kita untuk dibagi sesuai permintaan proposal yang masuk kepada kita,”ungkapnya sembari memastikan, seluruh hewan yang dikurbankan termasuk dari Gubernur sudah diperiksa kesehatan, sehingga dipastikan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Abdul juga mengingatkan agar dalam proses penyembelihan dan pemotongan nantinya dapat menerapkan protokol kesehatan Kesehatan, mengingat penyebaran Covid-19 yang sudah semakin mengkhawatirkan.

“Secara bersama mari kita terapkan protokol kesehatan, sehingga bisa terhindar dari Covid-19,”harapnya.

Pos terkait