Pinjaman Dari PT. SMI Untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur Di Malra

  • Whatsapp
Bupati Maluku Tenggara (Malra) Drs. Hi. Muhamad Thaher Hanubun melakukan penandatanganan Pinjaman Daerah antara Pemda Malra dengan PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) di Jakarta. Kamis (18/11/2021)

Langgur, MalukuPost.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) akhirnya mendapat pinjaman sebesar Rp. 100 miliar dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Pinjaman dimaksud akan digunakan untuk pelaksanaan pembangunan empat ruas jalan di daerah terluar Provinsi Maluku tersebut.

Siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Malra yang diterima Malukupost.com di Langgur, Jumat (19/11/2021) menyebutkan, proses pinjaman tersebut telah dilakukan sejak tahun 2020.

“Setelah berproses sejak tahun 2020 dan karena pendemi Covid-19, maka pada hari Kamis 18 November 2021 di Ruang Rapat PT. SMI yang beralamat di Gedung Sudirman Sahid Center Jakarta Pusat, perjanjian pemberian pinjaman daerah antara PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dengan Pemkab Malra sebesar Rp. 100 miliar sudah ditandatangani,” ungkap Kadis Kominfo setempat Antonius Walken Raharusun.

Raharusun menjelaskan, pinjaman dari PT SMI merupakan salah satu alternatif pembiayaan yang dilakukan pemerintah daerah guna percepatan pembangunan infrastruktur di Malra.

“Pinjaman tersebut untuk membiayai proyek peningkatan tiga ruas jalan, dan pembangunan satu ruas jalan di Malra,” bebernya.

Sekedar diketahui, dana pinjaman tersebut akan digunakan untuk membiayai proyek peningkatan jalan aspal Hotmix ruas jalan Sp. Ngurdu-Bombay-Ad-Ohoiraut, peningkatan jalan aspal hotmix ruas halan Sp. Elat-Weduar (segmen Tamangil-Weduar), dan peningkatan jalan Elat-Werka-Watuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Karkarit/Harangur), dan pembangunan jalan aspal hotmix ruas jalan Ohoidertawun Bawah-Ngiarwarat -Ohililir.

“Penandatanganan tersebut menandai dimulanya pekerjaan empat ruas jalan, dan pekerjaan-pekerjaan proyek prioritas ini, dilaksanakan dalam skema penganggaran tahun jamak dimulai tahun 2021 sampai dengan tahun 2022,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati M. Thaher Hanubun usai penandatanganan perjanjian pinjaman tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada PT. SMI yang sangat mendukung pembangunan di Malra melalui pemberian pinjaman kepada pemerintah daerah.

“Terima kasih juga disampaikan kepada Kemendagri dan Kementerian Keuangan RI yang turut membantu dalam hal proses pengusulan sampai dengan rekomendasi atas pinjaman ini,” katanya.

Selain itu, Bupati Hanubun juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Malra yang memberikan persetujuan terhadap pinjaman daerah sebagaimana diamanatkan dalam Perturan Pemerintah Nomor 56 tahun 2018 tentang pinjaman daerah.

Ketua DPRD Malra Minduchri Koedoeboen yang hadir dalam acara penandatanganan tersebut menyampaikan komitmen DPRD setempat untuk ikut mengawal proses penganggaran terkait hal-hal yang menjadi kewajiban Pemda dalam APBD tahun 2021, 2022 dan 2023.

Pos terkait