Pinjaman PT SMI Bukti Dukungan Pemerintah Pusat Kepada Pemerintah Daerah

  • Whatsapp
Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI (Persero) Sylvi J. Gani bersama Bupati Maluku Tenggara Drs. Hi. Mumahad Thaher Hanubun, melakukan penandatanganan Pinjaman Daerah di Ruang Rapat PT. SMI Jakarta, Kamis (18/11/2021). (Foto: Facebook PT SMI)

Langgur, MalukuPost.com – Direktur Pembiayaan dan Investasi PT Sarana Multi Infrastruktur SMI (Persero) (PT SMI) Sylvi J. Gani mengatakan, pinjaman merupakan bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah.

Dalam siaran persnya yang diterima Malukupost.com Selasa (23/11/2021), Sylvi menjelaskan, dengan adanya pinjaman daerah, Pemda dapat mengakselerasi rencana pembangunan untuk terus menggerakkan roda perekonomian, dan Pemda juga dapat mempercepat penyediaan kebutuhan infrastruktur dan memenuhi layanan publik.

Terkait proses pemberian pinjaman, lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) ini mengungkapkan, PT SMI selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dengan berkoordinasi kepada Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Direktur Pembiayaan dan Investasi PT Sarana Multi Infrastruktur SMI (Persero), Sylvi J. Gani

“PT SMI tentunya akan melakukan monitoring secara rutin atas realisasi pinjaman, agar pinjaman yang diberikan tepat sasaran,” ujarnya.

Sylvi menambahkan, dengan selalu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), transparansi, dan akuntabilitas dalam implementasi bisnisnya, dukungan fasilitas pinjaman daerah melalui PT SMI ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat di Maluku Tenggara (Malra).

PT SMI memiliki berbagai fungsi dan produk (fitur) unik untuk mendukung percepatan infrastruktur yang tidak hanya berfungsi sebagai pembiayaan infrastruktur tetapi jugaa sebagai enabler melalui pelaksanaan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang mengikut sertakan berbagai institusi keuangan baik swsta maupun multilateral.

Selain itu, PT SMI aktif mendukung pelaksanaan KPBU dan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di daerah melalui pinjaman daerah.

Untuk diketahui PT SMI telah menyetujui usulan pinjaman daerah Pemkab Malra sebesar Rp. 100 miliar dalam rangka membantu mewujudkan peningkatan konektivitas daerah.

Penandatanganan perjanjian pinjaman daerah tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Sylvi J. Gani bersama Bupati Malra M. Thaher Hanubun, di Kantor PT SMI (18/11).

Pinjaman Daerah ini akan dialokasikan oleh Pemkab untuk membiayai pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan daerah, yakni Jalan Hotmix Ruas Sp. Ngurdu-Bombay-Ad-Ohoiraut, jalan hotmix ruas Sp. Elat-Weduar (Segmen Tamangil-Weduar), jalan hotmix ruas Ohoidertawun Bawah-Ngiarwarat-Ohililir, serta jalan Elat-Werka-Wetuar-Tamangil-Weduar Feer (Segmen Karkarit/Harangur).

 

Pos terkait