Pemkab Maluku Tenggara Optimis Capai Target Penurunan Stunting

Langgur, MalukuPost.com – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Ahmad Yani Rahawarin mengungkapkan, hingga bulan Juli 2022, Pemkab Malra melalui Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) berhasil menangani stunting pada beberapa ohoi (desa).

Pernyataan tersebut disampaikan Rahawarin dalam Rapat TPPS Malra tentang Persiapan Penilaian Kinerja Tahun 2021 dan Evaluasi Web Monitoring Tahun 2022 di Langgur, Kamis (28/7/2022).

Diketahui, sejumlah ohoi yang sudah ditangani TPPS antara lain Abean, Rat, Semawi, Marfun, Jafawun, Tamangil Nuhuyanat, Weer Ohoinam, Ohoilean dan Ngurko.

“Pemda memberikan apresiasi kepada tim percepatan PKK dengan kinerja baiknya sehingga berhasil mengatasi stunting pada beberapa ohoi tersebut,” kata Rahawarin.

Ia berharap agar tim fokus pada penanganan isu-isu sentral pada lokus-lokus stunting misalnya air bersih, sanitasi dan perumahan rakyat huni.

“Dengan demikian, maka target Pemkab Malra adalah pada tahun 2024 angka stunting dibawah 14 %. Bupati juga optimis dapat memenuhi target tersebut,” tandasnya.

Sekda Rahawarin mengingatkan, bahwa kasus Stunting merupakan masalah urgenitas. Untuk itu, prioritas program-program wajib terakomodir dalam APB.

“Namun kembali lagi disesuaikan dengan seberapa mampu kita, sehingga perlu adanya koordinasi dan komunikasi yang baik sehingga penanganan dan bantuan juga akan tepat sasaran,” pungkasnya.

Pos terkait