Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat Gelar Lomba Tarian Tradisional Kei

pentas tarian keiLanggur, MalukuPost.com – Badan Pegelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat menggelar lomba tarian tradisional khas masyarakat Kei (Evav).

Pagelaran budaya khas warga Kei tersebut terpusat di lokasi wisata pantai Ngurbloat Ohoi (desa) Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Minggu (13/11/2022).

Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat, Ronald Tethool menjelaskan, kegiatan pentas seni ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya Kei (Evav) khususnya tari-tarian.

Menurutnya, tarian Kei merupakan harta yang paling berharga yang dimiliki masyarakat setempat, karena budaya tari merupakan peninggalan para leluhur.

“Pagelaran pentas seni ini untuk mengangkat nilai-nilai budaya seni tari Kei. Tarian Kei ini merupakan aset dan harta berharga yang ditinggalkan para leluhur,” ujarnya.

Untuk itu, masyarakat Kei khususnya generasi muda berkewajiban dan bertanggungjawab untuk melestarikan budaya peninggalan para leluhur itu.

Ronald menyatakan, pihaknya akan menjadikan momen pentas seni ini menjadi kegiatan rutin Badan Pengelola Wisata Pantai Ngurbloat.

“Hari ini kami canangkan pentas seni Minggu Budaya Pantai Ngurbloat, dimana nantinya disetiap minggu pertama akan digelar kegiatan pentas seni tari di lokasi ini,” bebernya.

Menurutnya, kegiatan Minggu Budaya Pantai Ngurbloat yang akan dilaksanakan setiap bulannya tersebut akan dihelat diatas pasir pantai Ngurbloat.

Ronald menambahkan, lewat kegiatan lomba pentas seni tari ini, pihaknya akan melakukan seleksi untuk menetapkan penari-penari terbaik, yang nantinya akan tampil setiap bulannya dalam agenda pihak pengelola yakni Mingggu Budaya Pantai Ngurbloat.

“Kami berniat untuk membawa nama Kepulauan Kei di dunia internasional. Lewat kegiatan ini kami sedang mencari bakat-bakat penari dari sanggar-sanggar terbaik untuk setiap awal bulan akan pentas disini,” beber Ronald.

Untuk diketahui, kegiatan Minggu Seni Budaya Pantai Ngurbloat merupakan kolaborasi antara pariwisata, seni dan budaya.

Selain itu, pihak pengelola setempat juga akan memberikan ruang kepada generasi muda yang ingin mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Bulan depan, selain Minggu Seni Budaya Pantai Ngurbloat, kami akan melibatkan anak-anak muda pecinta rapper, dance dan lain-lain untuk berkreasi disini. Kami akan sediakan panggung untuk mereka. Jadi, semua kegiatan akan dilakukan diatas pasir untuk memperomosikan destinasi wisata Ngurbloat yang telah diakui dunia internasional lewat Rekor MURI sebagai pantai dengan pasir terhalus di dunia,” tandas Ronald.

Pos terkait