Dinas Kominfo Dukung Dinas Pendidikan Sukseskan UNBK Di Malra

  • Whatsapp
Kadis Kominfo Malra
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Maluku Tenggara, Antonius. U. Walken. Raharusun

Langgur, Malukupost.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Maluku Tenggara (Malra), Antonius Urbanus Walken Raharusun mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2020, baik melalui sistem online maupun offline.

“Usai terima surat dari Kadis Pendidikan (dinas teknis pelaksanaan UNBK), kami langsung gelar rapat internal dan telah menyetujui untuk melakukan survei pada beberapa lokasi sekolah,” ujarnya di Langgur, Minggu (9/2/2020).

Menurutnya, pada wilayah Kei Kecil Timur hingga Kei Kecil Timur Selatan (dari desa Rumaat hingga Danar) ada beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK dengan menggunakan sistem Offline karena belum ada jaringan internet.

“Memang di Danar itu ada warnet kecamatan, dan diharapkan warnet tersebut dapat diberdayakan sehingga bisa membantu yakni ketika UNBK secara offline selesai maka hasinya dapat dikirim lewat warnet tersebut,” ujarnya.

Walken mengungkapkan, sesuai surat dari dinas pendidikan, pihaknya fokus di tiga kecamatan yakni Kei Kecil Timur (SMP Rumat dan SMP Tenbuk), Kei Kecil Timur Selatan (SMP Elar dan SMP Danar), sedangkan untuk wilayah Kei Kecil Barat (SMP Ohoidertutu dan SMP Ohoira).

“Dari hasil survei, ada dua sekolah yang siap melaksanakan secara online yakni SMP Ohoidertutu dan SMP Ohoira sedangkan sekolah lainnya masih offline,” tuturnya.

Sedangkan untuk wilayah Kei Besar, banyak lokasi (sekolah) yang belum tersentuh jaringan internet, sehingga diharapkan sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian secara offline dapat bergabung pada sekolah yang melaksanakan ujian secara online.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK nanti, dinas Kominfo Malra juga akan berkoordinasi dengan pihak PLN setempat terkait ketersediaan jaringan listrik.

“Dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk menyiapkan ketersediaan jaringan listrik. Listrik itu sangat penting, karena ketika listrik mati dan provider (tower) tidak bisa hidup, itu akan menggangu,” tukasnya.

Walken berharap, melalui kerjasama lintas sektoral maka permasalahan listrik dan jaringan internet segera ditindaklanjuti, sehingga UNBK akan berlangsung dengan baik dan lancar. (MP-15)

Pos terkait