Menpora : Maluku Harus Kembali Jadi Gudang Atlet

  • Whatsapp
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Staf Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku

Ambon, Malukupost.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, menyatakan sudah seharusnya Maluku kembali lagi sebagai gudang atlet salah satunya dari cabang olahraga sepak bola dan Tinju.

“Kita harus kembali lagi, kembalikan itu harus sinergi antara pusat dan daerah, semangat bapak Gubernur, beliau rencananya membangun kembali kejayaan Maluku di bidang olahraga, banyak talenta-talenta yang berasal dari Maluku, namun akhirnya harus muncul dari daerah lain karena memang situasi disini belum memungkinkan mereka untuk bisa berprestasi atas nama Maluku,” ujarnya di Ambon, Rabu (5/2/2020) saat melakukan tatap muka bersama atlet PPLP/PPLD Maluku.

Zainudin meminta kepada Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku, Sandy Wattimena dan Gubernur, Murad Ismail untuk lebih berkosentrasi kepada cabang olahraga yang memungkinkan untuk Maluku bisa beprestasi.

“Talentanya ada, jangan semua cabang olahraga digarab, misalnya kita dulu kenal Malukut terkenal karena tinju, kosentrasi maksimalkan tinjunya, kalau atlteltik, maksimalkan atletiknya. Jadi kalau orang mencari pemain tim nasional bagi cabang olahraga tertentu, dia cukup datang ke Maluku, butuh atlet tinju yang akan dikirim ke event regional maupun internasional, baik itu sea games, asia games, olimpiade, kalau disini pembinaanya sudah bagus, maka dia tidak perlu mencari ke daerah lain, dia datang saja ke Maluku,”ungkapnya.

Zainudin menandaskan untuk mengembalikan lagi kejayaan Maluku, sebagai gudang atlet yang mempunyai bakat, banyak talenta. Jika pembinaannya secara sitimatis, mudah-mudahan Maluku bisa menjadi penyumbang atlet untuk Indonesia apalagi saat ini pemerintah lagi berupaya agar Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade di tahun 2032.

“Pak Presiden sudah memerintahkan saya supaya Indonesia menjadi tuan rumah olimpiade 2032. Siapa yang akan terpilih menjadi atlet di tim nasional kita, adalah kalian sekarang ini, karena tidak mungkin senior sekarang ini bisa bermain di Olimpiade,”bebernya.

Zainudin berpesan agar atlet generasi muda Maluku tetap bersemangat, berlatih dan menanamkan dalam pikiran, karena diantara semua atlet-atlet yang ada di PPLP/PPLD, ada yang bisa bermain di olimpiade 2032.

“Taruh harapan itu di depan, sehingga anda akan fokus, semangat dan jalankan semua program latihan yang sudah dibuat oleh pelatih, displin, fokus dan bertujuan untuk main di olimpiade, saya yakin Indonesia tuan rumah 2032,” katanya.

“Jadi anda tanamkan itu dalam pikiran, sehingga menjadi motivasi dan penyemangat, bisa main di Sea Games, ASEAN Games, olimpiade. Itu adalah kebangaan, kehormatan dan prestasi tertinggi dari setiap atlet dan itu impain semua talet,”katanya menambahkan.

Pos terkait