ODP di Maluku Terus Meningkat Dari 53 Menjadi 61

  • Whatsapp
Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh
Kadis Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh (kanan) saat konferensi pers update jumlah ODP di Maluku, Senin (23/3)

Ambon, Malukupost.com – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Maluku terus mengalami peningkatan dari sebelumnya 53 orang kini menjadi 61 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meykal Pontoh menyatakan 61 OPD tersebut tersebar antara lain di Kota Ambon 14 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 3 orang, Kabupaten Buru 10 orang, Kota Tual 2 Orang, Kabupaten Kepulauan Tanimbar 26 orang, dan Kabupaten Kepulauan Aru 6 orang.

“Pasien Dalam Pemantauan (PDP) ada 3 orang yakni 2 orang di Kota Ambon dan 1 orang di Kabupaten Maluku Tengah. Sedangkan 1 orang positif Corona (Covid-19). Sementara kabupaten yang lainnya, SBT, Buru Selatan, Maluku Tenggara dan MBD sampai saat ini belum melaporkan,” ungkapnya di Ambon, Senin (23/3).

Menyangkut ada perbedaan data suspect antara Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pontoh katakan hal itu karena terlambat update.

“Jadi yang disampaikan Pak Walikota itu kita laporkan hari ini. Kalau misalnya jam 12 belum dilaporkan, berarti kita laporkan di hari berikutnya,” ujarnya.

Pontoh menambahkan, perbedaan data dikarenakan ada PDP yang saat dirawat tidak menampakkan gejala lagi sehingga diturunkan menjadi ODP.

“4 spesimen yang dikirim ke Balitbangkes Jakarta, semuanya sudah ada hasil, yakni 3 negatif dan 1 positif yang sudah diumumkan 22 maret, kemarin,” tandasnya.

Pos terkait