Sembilan Sampel Swab Milik Warga, Dikirim Ke Ambon Untuk Diperiksa

  • Whatsapp
Juru Bicara Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 (sekaligus Kepala DInas Kesehatan) Kabupaten Maluku Tenggara , dr. Katrinje Notanubun, M. Kes.

Langgur, Malukupost.com – Sebanyak sembilan sampel (spesimen) yang terdiri dari 4 warga Malra dan 5 warga Kota Tual, telah dikirim ke Ambon untuk dilakukan pemeriksaan Swab (PCR).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara, dr. Katrinje Notanubun saat konfrensi pers membenarkan hal tersebut.

“Ada sembilan sampel warga yang merupakan hasil pemeriksaan Rapid Test pada tanggal 25-26 Juni telah dikirim ke Ambon untuk dilakukan pemeriksaan Swab (PCR),” ujarnya di Langgur, Kamis (2/7/2020).

dr. Ketty (biasa disapa) yang juga Kepala Dinas Kesehatan Malra setempat mengungkapkan, total spesimen yang harus dikirim berjumlah 11 sampel.

“Awalnya itu ada 11 spesimen yang harus dikirim untuk pemeriksaan Swab, namun karena keterbatasan VTM (Virus Transport Media) yang harus didapatkan dari kota Ambon,” katanya.

Dijelaskan dr. Ketty, selain terkait keterbatasan, VTM tersebut tidak dapat dikirimkan sembarang dan harus pada suhu tertentu (dikirim melalui pesawat udara).

Untuk itu, dengan VTM yang tersedia, maka pihaknya hanya mengirimkan 9 sampel Swab untuk diperiksa.

“Mudah-mudahan sesuai dengan waktunya (dua sampai tiga hari), hasilnya tentu akan dikabarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,” pungkasnya.

Pos terkait