Update Covid-19 Di Malra: 19 Warga Reaktif Usai Pemeriksaan RDT, 4 Pasien Positif Diisolasi Di RSUD KS Langgur

  • Whatsapp
Juru Bicara Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 (sekaligus Kepala DInas Kesehatan) Kabupaten Maluku Tenggara , dr. Katrinje Notanubun, M. Kes.

Langgur, Malukupost.com – Juru Bicara Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), dr. Katrinje Notanubun mangatakan, sampai dengan tanggal 6 Juli 2020, telah dilakukan Tracing dan Pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Kami sudah melakukan tracing sebanyak 213 orang, sedangkan untuk pemeriksaan RDT dilakukan terhadap pelaku perjalanan sebanyak 205 Orang. Sehingga total jumlah pemeriksaan RDT sampai dengan tanggal 6 Juli 2020, sebanyak 418 dan hasilnya 19 orang Reaktif,” ungkapnya.

Terkait kasus Empat Pasien Terkonfirmasi Positif Coviod-19 di Malra, dr. Ketty menghimbau agar warga tetap lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19.

“Walaupun di Malra sekarang sudah ada yang positif, namun saya himbau agar warga tidak boleh panik, melainkan harus lebih waspada dan tetap jalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

dr. Ketty yang juga Kepala Dinas Kesehatan setempat juga mengingatkan bahwa protokol kesehatan dimaksud bukan saja tentang penggunaan masker dan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, namun menghindari kerumunan (social distancing) serta hindari kontak fisik dengan orang lain (pshycal distancing).

“Ingat bahwa yang bisa menjaga kita adalah kita sendiri, bukan orang lain. Untuk itu, mari kita jaga diri kita, keluarga dan juga lingkungan sekitar kita,” tandasnya.

Selain itu, warga juga diminta waspada terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Saya mau sampaikan bahwa warga harus waspada dan hati-hati terhadap OTG, karena empat warga Malra yang terkonfirmasi itu merupakan orang tanpa gejala,” bebernya.

Untuk diketahui, keempat pasien yang terkonfirmasi tersebut, malam ini juga akan diisolasikan di Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun (RSUD KS) Langgur.

“Meskipun keempat pasien yang terkonfirmasi ini termasuk kategori OTG, kami harus merawat dan mengobatinya secara teratur. Dan malam ini juga mereka akan dirawat isolasi di RSUD Karel,” pungkasnya.

Pos terkait