Harga Bawang Merah Melonjak Menjelang Perayaan Natal

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano menyatakan menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 1 Januari 2021 harga kebutuhan pokok seperti Bawang dan Cabe melonjak.

“Untuk kebutuhan pokok saat ini yang mengalami pergerakan bawang saat ini di kisaran Rp41 ribu/kg, dari sebelumnya Rp35 ribu/kg, bahkan dua bulan lalu harga turun sampai Rp25 ribu/kg,”ujarnya di Ambon, Senin (30/11/2020).

Pattiselano katakana, selain bawang, Cabe juga mengalami peningkatan dari Rp34 ribu/kg, menjadi Rp40 ribu.

“Yang naik hanya Bawang dan Cabe, sedangkan kebutuhan pokok lainnya masih stabil,”ucapnya.

Dijelaskan Pattiselano, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru yang dipimpin Menteri Perindustrian di Depansar, Bali, beberapa waktu lalu, dirinya telah menyampaikan hal itu. Kenyataannya harga bawang dan cabe secara nasional juga mengalami peningkatan.

“Beberapa hari kedepan sudah teratasi, dikarenakan petani di Jawa Timur satu minggu kedepan bawang sudah memasuki musim panen. Sehingga harga diharapkan bergerak kembali turun,” katanya.

“Akan ada yang masuk, setiap kapal yang masuk bawang dan cabe sudah masuk dua minggu kemarin, rencana masuk lagi 27 ribu ton, bukan hanya diperuntukan untuk Ambon, tetapi juga di distribusikan ke 5 kabupaten di sekitar yang di distrubusi dari Ambon juga, ada SBB, Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan, SBT,”katanya lagi.

Pattiselano menambahkan, pihaknya terus melakukan melakukan pemantauan dengan Satgas Pangan terkait kebutuhan dan harga bahan pokok, termasuk melakukan koordinasi dengan kabupaten/ kota juga dilakukan.

“Jadi semua data dari Kabupaten/kota juga dipaparkan dalam Rakornas, kemudian ada stressing dari Menteri, Dirjen tentang langkah-langkah apa yang harus dilakukan kedepan,”tandasnya.

Pos terkait