Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Diminta Tingkatkan Koordinasi dan Sinergitas

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam rangka membudayakan gemar membaca dan literasi masyarakat di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan dan desa.

“Selain itu, segera menindaklanjuti rekomendasi hasil pengawasan kearsipan tahun 2020, untuk meningkatkan nilai pengawasan kearsipan di tahun 2021 dan tahun-tahun selanjutnya. Serta melakukan sinkronisasi program dan kegiatan di bidang perpustakaan dan kearsipan, agar selaras dengan visi-misi pemerintah daerah dan kebijakan perencanaan pembangunan daerah,” ungkapnya saat membuka Rapat Kerja (Raker) Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Tahun 2021 di Ambon, Rabu (24/02/2021).

Menurut Kasrul, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menjelaskan, perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam kaitannya dengan hal tersebut.

“Maka arah kebijakan perpustakaan antara lain, pertama, peningkatan budaya literasi melalui pemasyarakatan kegemaran membaca, penguatan konten literasi dan transformasi perpustakaan. Kedua, pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan bahan perpustakaan serta naskah nusantara bagi terwujudnya pemajuan kebudayaan untuk memperteguh jati diri bangsa. Dan ketiga, peningkatan tata kelola perpustakaan yang baik dan handal,” bebernya.

Dijelaskan Kasrul, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan menyatakan tujuan penyelenggaraan kearsipan salah satunya adalah menjamin keselamatan aset nasional dalam bidang ekonomi, sosial, politik, budaya, pertanahan serta keamanan sebagai identitas dan jati diri bangsa.

“Terkait dengan hal tersebut, maka arah kebijakan bidang kearsipan, antara lain kebutuhan praktis administrasi dan manajemen, kebutuhan kesinambungan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pemajuan kebudayaan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, Danny Indey mengatakan, salah satu maksud dilaksanakannya Raker itu untuk melakukan sinkronisasi program dan kegiatan tahun 2021 dengan rancangan awal kegiatan tahun 2022.

“Semoga hasil dari Raker ini, dapat meningkatkan bidang perpustakaan dan kearsipan, terutama menyangkut dengan Indeks Literasi Maluku dan hasil Pengawasan Kearsipan Maluku,” katanya.

Pos terkait