Pengamanan Dan Pengaturan Lalu Lintas Di Gereja Rutin Dilakukan Polres Tual

  • Whatsapp
Personil Sat Lantas Polres Tual melakukan Pelayanan dan Pengamanan di Gereja Katedral Langgur, Minggu (21/2/2021)

Langgur, Malukupost.com – Kepolisian Resort Tual lewat satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) secara rutin dan kontinyu melakukan pengamanan sekaligus pengaturan lalu lintas saat pelaksanaan ibadah hari Minggu di gereja-geraja.

Pantauan Malukupost.com, sejumlah personil Sat Lantas Polres Tual nampak mengatur jalur kendaraan saat melintasi depan gereja yang berada pada wilayah Kota Tual maupun di kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Saat ditemui disela-sela kegiatan tersebut, Kasat Lantas setempat AKP Sally Lewerissa mengatakan, pihaknya secara rutin menempatkan anggota Sat Lantas untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pada gereja-gereja di dua wilayah tersebut setiap hari Minggu.

“Tugas kami sebagai pelayan masyarakat. Dan kami hadir disini sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, khususnya kepada umat Kristiani yang sedang melaksanakan ibadah,” ujarnya di Langgur, Minggu (21/2/2021).

Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang melaksanakan ibadah di Gereja pada setiap hari Minggu.

Selain melaksanakan pelaksanaan pengamanan anggota Sat Lantas Polres Tual juga berkesempatan untuk menghimbau kepada para umat Kristiani yang melaksanakan ibadah minggu agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Selain itu, untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lingkungan sekitar Gereja, Sat Lantas Polres Tual lakukan pengamanan di luar Gereja pada saat sebelum dan sesudah ibadah yakni membantu jemaat saat menyeberang jalan, mengatur parkiran yang berada di pinggiran jalan maupun di halam gereja.

“Ini rutin kami lakukan pada setiap Minggu berjalan. Harapan kami agar umat Kristiani dapat melaksanakan ibadahnya dengan hikmat karena adanya pengamanan yang dilakukan oleh anggota kepolisian,” tandasnya.

Sejumlah gereja yang menjadi titik pengamanan dan pengaturan lalu lintas diantaranya gereja Sion Tual, gereja Maranatha Un Tual, gereja St. Fransiskus Xaverius Tual, gereja Bethani Rock Un Komplek Kehutanan, gereja Anugerah Ohoijang, gereja St. Yoseph Ohoijang dan gereja Katedral Langgur.

Pos terkait