Hanubun: Konferda AMGPM Sebagai Wadah Menyatukan Visi Pergerakan

  • Whatsapp
Pembukaan Konferensi ke-IX Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Wilayah Kei Kecil dan Kota Tual Tahun 2021 di Kota Tual, Minggu (21/2/2021).

Langgur, Malukupost.com – Konferensi Daerah (Konferda) ke-IX Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Wilayah Kei Kecil dan Kota Tual Tahun 2021 resmi digelar.

Pembukaan Konferda yang mengusung tema Beritakanlah Tahun Rahmat Tuhan Telah Datang dan Kerjakanlah Keselamatanmu tersebut dipusatkan di Gereja Sion Kota Tual, Minggu (21/2/2021).

Hadir pula dalam kegiatan pembukaan tersebut yakni Wakil Bupati Maluku Tenggara (Malra) Petrus Beruatwarin, Pimpinan dan Anggota DPRD Malra serta Sekretaris Daerah (Sekda) Malra.

Bupati Malra, M. Thaher Hanubun dalam sambutannya menjelaskan, AMGPM adalah organisasi kader yang terbentuk untuk melayani umat.

Olehnya itu, AMGPM dituntut agar benar-benar mempersiapkan kader-kadernya untuk melayani umat kristiani dalam kepelbagaian profesi yang dimiliki.

Kader AMGPM hendaknya dapat mengimplementasikan dialog sebagai pilar penyelesaian utama suatu permasalahan.

“Tentu tidak harus dimaknai sebagai upaya ke arah kompromi, tetapi lebih sebagai jalan untuk mendialogkan berbagai persoalan yang dihadapi,” ujarya.

Selain itu, AMGPM diharapkan senantiasa menjadi corong pewarta suka cita yang mendamaikan dunia, serta eksis sebagai organisasi lokal yang berorientasi global, terlebih dalam menyikapi persoalan maraknya berita-berita hoax maupun ujaran kebencian.

Menurutnya, AMGPM kini diperhadapkan pada tuntutan untuk menunjukkan peran aktif, kreatif, kritis, sistematis, transparan dan akuntabel dalam kehidupan bermasyarakat yang plural serta menjadi Garam dan Terang Dunia sebagaimana motto organisasi ini.

Menghadapi tuntutan seperti ini, AMGPM diperhadapkan pada kondisi subjektif yang menuntut perhatian serius untuk membangun solidaritas dan soliditas sejati, baik antar sesama umat Kristen maupun umat Kristen dengan umat beragama lain dalam komunitas hidupnya.

“Kita semua, tidak hanya umat Kristen, diajak untuk memberitakan karya-karya keselamatan melalui profesi kita masing. Seluruh umat beriman memiliki tujuan yang sama yakni memperoleh tempat di surga dan saya percaya bahwa semua agama yang diakui di negara ini mengajarkan jalan menuju ke surga yakni melalui perbuatan-perbuatan baik kepada sesama,” katanya

Hanubun mengungkapkan, Pemkab Malra sangat mengharapkan agar Konferda ke-IX AMGPM Wilayah Kei Kecil dan Kota Tual dapat memberikan rekomendasi konstruktif yang dapat menopang visi dan misi pemerintah pada kedua daerah ini.

“Peristiwa yang mempersatukan ini semoga dapat dimaknai sebagai peristiwa yang menggembirakan sekaligus sebagai wadah untuk menyatukan visi pergerakan AMGPM wilayah Kei Kecil dan Kota Tual. Saya percaya, AMGPM memiliki potensi-potensi unggul yang mampu menakhodai organisasi ini kedepan,” pungkasnya.

Pos terkait