Satpas Polres Tual Luncurkan Program Pelayanan SIM Berbasis IT Menuju Zona Integritas

  • Whatsapp
Pelayanan SIM Berbasis IT Menuju Zona Integritas. oleh Satuan Lalu Lintas Polres Tual.

Langgur, Malukupost.com – Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Kepolisian Resor (Polres) Tual terus meningkatkan inovasi sistem pelayanannya kepada warga mayarakat di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Salah satunya yakni terkait proses pendaftaran Surat Izin Mengemudi (SIM) berbasis IT.

“Pendaftaran SIM berbasis IT yang canggih dan online ini sangat mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM,” kata Kasat Lantas Polres Tual, AKP Sally Lewerissa, Senin (22/02/2021).

Lewerissa mengungkapkan, pendaftaran SIM sudah bisa dilakukan oleh warga Kota Tual dan Malra secara online lewat aplikasi berbasis online “SIMaRen” (Sistem Informasi Mass React & Notify).

Aplikasi SIMaRen merupakan salah satu program prioritas Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael, S.IK., MH untuk mempermudah masyarakat Kota Tual dan Malra dalam mengakses untuk pendaftaran SIM.

Selain pengurusan SIM, aplikasi SIMaRen juga menyediakan pelayanan pengurusan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Kehilangan Barang (SKKB), Daftar Pancarian Orang (DPO), Pengaduan Masyarakat, Panic Button dan Portal Berita secara online.

Proses pendaftaran SIM Online dapat dilakukan oleh warga melalui tahapan-tahapan dibawah ini :

Pertama, warga dapat mendownload aplikasi berbasis online yakni SIMaRen (Sistem Informasi Mass React & Notify) di play store pada HP Android;

Kedua, setelah aplikasi didownload dan diinstal di HP, selanjutnya masuk/memilih fitur Pendaftaran SIM-Online;

Ketiga, mengisi permohonan berupa Jenis SIM yang dibutuhkan dan Data Pribadi;

Keempat, setelah itu mengirimkan permohonan dan akan keluar Kode Verifikasi;

Kelima, jika warga telah memperoleh Kode Verifikasi maka selanjutnya mendatangi kantor Satpas dan menunjukkan Kode Verifikasi tersebut kepada petugas untuk dilakukan pengecekkan;

Keenam, apabila data sudah lengkap maka akan masuk ke tahap berikutnya sampai dengan penerbitan dan pengambilan SIM.

Program pelayanan SIM berbasis IT tersebut merupakan bagian dari kesiapan Polres Tual dalam memasuki Kawasan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Bersih dan Melayani (WBBM).

Pos terkait