DPRD Malra Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2020

  • Whatsapp

Langgur, Malukupost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Tenggara (Malra) Senin (19/04/2021), menyelenggarakan rapat paripurna penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Malra tahun 2020.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Malra, Minduchri Koedoeboen yang dihadiri oleh 17 Anggota DPRD Malra, berlangsung di ruang sidang utama DPRD setempat.

Koedoeboen menyatakan, pelaksanaan rapat paripurna tersebut, adalah amanat dari ketentuan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019. tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Dan juga Junto peraturan menteri dalam negeri nomor 18 tahun 2020, tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintahan nomor 13 tahun 2019.” ujarnya

Dijelaskan Koedoeboen, dalam pasal 18 ayat 1 (satu) menyebutkan LKPJ disampaikan oleh kepala daerah, dalam rapat paripurna DPRD yang dilakukan satu kali dalam setahun, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggara berakhir.

“Sesuai dengan ketentuan sebagaimana disebutkan itu, serta ketentuan pasal 29 peraturan DPRD nomor 1 tahun 2020, tentang perubahan atas peraturan nomor 1 tahun 2019, tentang tata tertib DPRD Malra.” jelasnya

Koedoeboen juga katakan, sebagai mitra sejajar pemerintah daerah (Pemda), dan selaku unsur penyelenggaraan pemerintah di daerah, sebagaimana undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Maka kami memberikan apresiasi atas berbagai capaian yang telah dilakukan pemda dalam hal ini, Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh jajaran perangkat daerah atas dedikasi, loyalitas, dan kerja keras untuk memajukan Nuhu Evav yang kita cintai.” katanya

Koedoeboen berharap, pembahasan LKPJ tahun 2020 yang nantinya dilakukan antara DPRD dan perangkat daerah, dapat dilakukan secara baik dan berkualitas.

“Sehingga rekomendasi-rekomendasi dapat menjawab berbagai problem, yang dihadapi baik penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.” pungkasnya

Pos terkait