Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Informasi Publik Bawaslu Tual Gelar Bimtek

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Ketua  Bawaslu Kota Tual Badarudin Madubun mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pengelolaan informasi publik Bawaslu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pada Selasa (20/04/2021) di kantor setempat.

“Kegiatan ini penting dilaksanakan,  selain dari menambah motivasi juga untuk meningkatkan kualitas staf Bawaslu guna mengelola informasi publik nantinya.” ujarnya

Madubun harapkan, Bimtek peliputan dan penulisan berita salah satunya bertujuan sebagai penguatan publikasi pengawas pemilu dalam media sosial pada nantinya.

“Insyaallah melalui pelatihan penulisan berita ini diharapkan pada Pilkada 2024 nanti, staf kami sudah dapat mengelola penulisan berita.” ucapnya

Untuk itu Kepala Biro (Kabiro) Media Tribun Maluku.com Dullah Tusiek yang juga sebagai pemateri pada kegiatan tersebut mengatakan, penulisan berita yang baik dan benar merupakan modal utama bagi seorang penulis berita.

“Sehingga apa yang disampaikan benar-benar dapat ditangkap oleh para pembaca dengan baik.” kata Tusiek pada Malukupost.com ketika ditemui rabu (21/04)

Kepala Biro Tribun-Maluku.com Dullah Tusiek

Dijelaskan, Berita merupakan laporan/peristiwa yang bersifat fakta ataupun opini yang aktual menarik dan penting.

“Berita yang baik haruslah memperhatikan unsur-unsur penyusunan berita yang sering disebut dengan 5W + 1H,” Jelasnya

Di uraikan, selain memperhatikan rumus 5W + 1H, dalam penulisan berita, juga harus menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas.

“Hal ini juga bertujuan agar pembaca mudah memahami berita yang disampaikan tersebut.” urainya

Untuk sekedar diketahui, selain kegiatan Bimtek Pengelolaan informasi Publik Lingkup Bawaslu Kota Tual, juga melaksanakan kegiatan tentang Tingkatkan Keterampilan Pengelolaan Website di Bawaslu Kota Tual,

Dalam rangka mengoptimalkan kualitas pelayanan informasi terhadap publik, sebagai salah satu implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Bawaslu Tual Menggandeng Dinas Infokom Kota Tual.

Pos terkait