Memperingati Hardiknas Pemkot Tual Gelar Upacara

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tual  dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) gelar upacara. di kantor kepala daerah setempat minggu (2/5/2021).

Wali Kota Tual Adam Rahayaan bertindak sebagai Irup, pada upacara tersebut, Guru SMP Negeri 3 Tual Onisimus Elwuar sebagai Danup, posisi Paup diambil alih oleh Killian Guru SMP 1 Tual, upacara tersebut berjalan aman dan lancar dengan mentaati protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu Wali Kota Tual Adam Rahayaan saat membacakan sambutan menteri Pendidikan Republik Indonesia menyatakan, hari ini untuk kedua kalinya memperingati dan merayakan hari pendidikan nasional ditengah suasana pandemi Covid-19.

“Masa-masa ini tidaklah mudah bagi para pendidik, pelajar, orang tua, serta kita semua yang menjalani aktivitas ditengah wabah yang masih melanda dunia ini.” ujarnya

Dikatakan, pada hari lahir Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara, juga ditetapkan sebagai Hardiknas untuk itu marilah kita kesampingkan sejenak segala kesulitan.

“Hari ini kita bangkitkan semangat untuk menyongsong lembaran baru Pendidikan Indonesia.” katanya

Diungkapkan, Pemikiran Ki Hajar Dewantara tidak dimanfaatkan sepenuhnya. Pendidikan di Negara Kesatuan RI haruslah menuju lahirnya kebahagiaan batin, serta juga keselamatan hidup.

“Esensi mendasar pendidikan haruslah ke merdekakan  kehidupan manusia.” ungkapnya

Lanjutnya, Pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia itu haruslah kita jiwai dan hidup kan kembali, agar lekas tercipta pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia, serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.

“Ini adalah sebuah momen yang tepat bagi kita untuk merefleksi kembali, apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa yang belum harus diperbaiki.” ucapnya

Ditambahkan, krisis pandemi ini adalah ladang optimisme yang menunggu untuk dipanen. Dan merupakan kesempatan kita menuai kemajuan. Saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

“Saya semangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju, dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan.” pungkasnya

Pos terkait