Vaksinasi “Gotong Royong” Di Maluku Dibuka

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Pendaftaran vaksin sinopharm yang akan digunakan dalam vaksinasi “Gotong Royong” telah dibuka sejak 26 April-21 Mei mendatang.

Ketua pelaksana harian satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang menyatakan vaksin “Gotong Royong” berbayar diperuntukkan untuk pelaku ekonomi yang karyawan banyak, serta perusahaan lainnya.

“Jadi vaksin gotong rotong adalah vaksin yang berbayar melalui perusahaan masing-masing. misalnya salah satu bank nanti bank yang membeli untuk karyawan divaksin,”ujarnya di Ambon, Jumat (30/04/2021) sembari meminta dukungan pastisipasi dari pihak terkait dalam mendukung program nasional ini.

Kasrul menandaskan, vaksin Sinopharm aman digunakan dan telah melalui semua tahapan mulai dari uji klinik dengan dikeluarkannya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) nomor 2159000143A2 tertanggal 29 April.

“Hal ini dibuktikan dari hasil uji klinik faase III yang dilakukan Uni Emirat Arab, dengan subjek 42 ribu relawan menunjukan efikasi vaksin sinopharm sebesar 78 persen,” ungkapnya.

Dijelaskan Kasrul, kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang ditimbulkan dari vaksin Sinopharm bersifart ringan seperti bengkak, kemerahan, sakit kepala, diare, nyeri oto atau batuk. dari aspek keamanan kategorinya dapat ditoleransi dengan baik. Sementara untuk masyarakat, vaksin tetap akan diberikan secara gratis, terutama untuk lanjut usia (Lansia) yang paling rentan terpapar Covid-19.

“Pemerintah tidak mau membebani masyarakat dalam persoalan ini lagi disaat ekonomi lesu, jadi semua untuk masyarakat gratis. Karena pemerintah ingin agar semua masyarakat mendapatkannya secara gratis, tetapi pemerintah juga minta partisipasi dar perusahaan makanya namanya gotong royong,”pungkasnya.

Pos terkait