PPN Tual Salah Satu Pelabuhan Feeder Potensial

  • Whatsapp
Kepala PPN Tual, Silvester Jaftoran

Tual, MalukuPost.com – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual merupakan salah satu pelabuhan perikanan feeder yang potensial, yang termasuk dalam Pelabuhan perikanan yang akan dikembangkan melalui proyek Integrated of Fishing Ports and International Fish Markets Phase ll.

“Ini merupakan proyek baru yang diusulkan Kementerian Kelautan Perikanan untuk masuk dalam Revisi DRPLN-JM/Blue Book 2020-2024 yang akan didanai Spanyol,”ungkap Kepala PPN Tual, Silvester Jaftoran dkonfirmasi Senin, (21/06/2021).

Dijelaskan, sebagai pelabuhan perikanan yang mendukung program Lumbung Ikan Nasional (LIN), PPN Tual mendorong untuk pembangunan dermaga tahap kedua, yang memiliki panjang 300 Meter, Lebar 15 Meter.

“Selain LIN juga memiliki tujuan untuk mendukung dermaga esksisting untuk aktivitas kegiatan bongkar muat Kapal Perikanan maupun kegiatan ekspor,”ucapnya.

Menurut Jaftoran, dilain sisi untuk lahan 10 hektar yang berada di PPN Tual akan dibangun kawasan industri perikanan terpadu, yang dilengakapi Cold Storage, pabrik ES dan pabrik lainnya.

Selain itu, pihaknya mendorong pembangunan Gedung pelayanan terpadu untuk memudahkan pelayanan terhadap pelaku usaha perikanan nanti.

Rencana ini, menurut Jaftoran seharusnya dibangun di tahun 2020, namun ditudan karena relokasi akibat pandemi Covid-19.

“Kita mendorong pelaksanaannya di tahun 2022 untuk kantor pelayanan terpadu,”ungkapnya.

Pos terkait