13 Desa Di Maluku Masuk Nominasi Desa Wisata Bahari 2021

  • Whatsapp

Ambon, MalukuPost.com – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku, Max Pattinama menyatakan dari 49 Desa yang diusulkan, 13 diantaranya masuk nominasi dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

“13 yang lolos diantaranya di Maluku Tengah Desa Oma dan Hila, MBD Desa Welora,”ujarnya saat dikonfimrasi media ini di Ambon, senin (23/08/2021).

Menurut Pattinama, 13 desa yang masuk dalam nominasi ADWI itu telah dinyatakan lolos administrasi berupa keputusan Bupati/Walikota tentang desa wisata, serta dilengkapi dengan platform digital.

“Untuk mencapai itu harus lolos administrasi seprti keputusan Bupai tentang desa wisata dan itu kita kadang-kadang kalah soal administrasi, jadi makanya Maluku bisa lolos hanya dengan keputusan kepala desa menetapkan desa wisata,”ungkapnya.

Pattinama katakan, bagi desa yang dinyatakan sebagai pemenang akan diberikan dana sekitar Rp1-2 miliar untuk pembangunan pariwisata.

“Jadi dia dapat langsug pemerintah memberikan penghargaan berupa uang pembangunan,”imbuhnya.

Pattinama mengakui, salah satu potensi parawisata yang masuk dalam proyek strategis nasional yang digagas Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal adalah Banda.

“Baru ada-ada kajian morotai, likupang, Borbodur termasuk Banda oleh sucofindo yang ditunjuk untuk membuat bisnis pland,”katanya.

Pattinama menambahkan, untuk mendukung hal tersebut, pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah potensi parawisata lain yang berada di MBD, KKT dan Kepulauan Aru sebagai entry point atau pintu masuk menuju ke banda.

“Karena berhadapan dengan luar negeri sebagai teras republik. jadi kalau itu rumah, banda merupakan bagian tengah inti dari rumah itu, dan itu pintu masuk dibawah, sehingga harus diperhatikan betul,”pungkasnya.

Pos terkait