Kemenpan RB Beri Nilai AKIP Pemkab Malra Dengan Predikat B

  • Whatsapp
Bupati Maluku Tenggara, Drs. Hi. Muhamad Thaher Hanubun

Langgur, MalukuPost.com – Laporan Hasil Evaluasi(LHE) oleh Kementerian PANRB atas pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra) raih predikat B.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun dalam keterangan persnya di Langgur, Kamis (16/9/2021) menyatakan, hasil evaluasi Pemkab Malra secara keseluruhan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Tahun 2020, indeks RB sebesar 47,65 dengan kategori “C”, atau mengalami peningkatan sebesar 47,65 dari nilai O pada tahun sebelumnya. Sementara untuk nilai AKIP sebesar 60,74dengan predikat “B”, atau mengalami peningkatan sebesar 2,06 dari nilai 58,68 dengan predikat “CC” pada tahun sebelumnya,”bebernya.

Ditambahkannya, walaupun terjadi peningkatan pada tahun sebelumnya, namun perkembangan pelaksanaan RB dan SAKIP Tahun 2021 menggambarkan bahwa Indeks RB Pemkab Malra masih jauh dari target yang diharapkan.

“Nilai AKIP, meskipun telah mencapai target namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu untuk diperbaiki,” katanya.

Diungkapkannya, sesuai progres penginputan pada website PMPRB dan e-SAKIP Reviu pada tanggal 9 September, dari 42 Perangkat Daerah, terdapat 34 Perangkat Daerah yang belum menginput PMPRB, 8 Perangkat Daerah yang belum menginput e-SAKIP Reviu dan 14 Perangkat Daerah belum memperbaiki/melengkapi dokumen SAKIPnya serta beberapa hal yang direkomendasikan oleh Kementerian PANRB dalam LHE RB dan AKIP belum ditindaklanjuti secara optimal oleh Perangkat Daerah.

“Dengan melihat kondisi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Pemkab Malra saat ini, perlu saya ingatkan bahwa peningkatan Indeks RB dan Nilai AKIP Pemkab Malra Tahun 2021 ini ditentukan oleh tindak lanjut dan penginputan yang dilakukan oleh masing-masing Perangkat Daerah,” tandasnya.

Bupati Hanubun menegaskan masing-masing pimpinan OPS beserta jajarannya untuk segera mempelajari/mengkaji dan menindaklanjutiLHE RB; mengisi Lembar Kerja Evaluasi (LKE) PMPRB manual dan menyampaikan ke Inspektorat Daerah paling lambat tanggal 24 September 2021; mempelajari/mengkaji dan menyesuaikan kembali perumusan dokumen SAKIP dengan memperhatikan rekomendasi LHE AKIP; dan lakukan penginputan dokumen SAKIP Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah ke e-SAKIP Reviu paling lambat tanggal 24September 2021.

“Saya berharap agar pada penilaian Tahun 2021 ini, Kabupaten Maluku Tenggara bisa mencapai Predikat B untuk Indeks RB dan Predikat BB untuk Nilai AKIP. Untuk itu, mari secara terstruktur kita berkinerja dalam pencapaian visi pemerintah daerah yakni Terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara yang Mandiri, Cerdas, Demokratis, dan Berkeadilan,” pungkasnya.

Pos terkait