Mgr. Seno Ngutra: Umat Katolik Di Maluku Tenggara Wajib Ikut Vaksinasi Massal

  • Whatsapp
Uskup Amboina, Mgr. Seno Ngutra Pr.

Langgur, MalukuPost.com – Keuskupan Amboina mengapresiasi sekaligus mendukung kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten setempat bersama TNI/Polri.

Uskup Amboina Mgr. Seno Ngutra Pr, ketika dihubungi MalukuPost.com melalui telepon selulernya mengungkapkan, sejak Uskup P. C. Mandagi MSC masih menjabat Uskup Diosis Amboina, pihaknya tetap satu komando/satu suara dari Vatikan (Roma Italia).

Mgr. Ngutra mengungkapkan, Paus Fransiskus juga telah menghimbau agar umat Katolik di seluruh dunia terlibat aktif didalam kegiatan vaksinasi,

“Meskipun belum mengambil alih komando Keuskupan Amboina, saya tetap ada dalam satu suara bahwa tidak ada yang namanya orang (umat) Katolik menolak vaksin terkecuali jika yang bersangkutan benar-benar mengalami bangguan kesehatan (sakit) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Ahli,” terangnya.

Untuk itu, sebagai warga negara, umat Katolik di kabupaten Maluku Tenggara harus menanggapi ini serius dan turut serta dalam kegiatan vaksinasi massal.

“Saya harap para pastor menjadi motor penggerak bagi umatnya di paroki dan stasi masing-masing. Mereka (para pastor) harus menggerakan umatnya untuk ikut vaksinasi itu,” tandasnya.

Menurut Uskup Ngutra, alasan dibalik ikut vaksinasi yakni kemanusiaan, dimana jika kita tidak ikut program pemerintah yakni vaksinasi di tengah pandemi Covid-19 maka penyebaran virus corona semakin meluas.

Olehnya itu, setiap orang harus membentengi diri melalui vaksinasi.

“Saya tetap pada seruan Bapa Suci (Paus) dan seruan Uskup Mandagi. Untuk itu, sebagai umat Katolik di Malra yang adalah warga negara Indonesia memang harus wajib, tunduk dan taat untuk ikut vaksinasi, kecuali ada alasan dari sisi kondisi kesehatan seperti yang saya katakan tadi,” pungkasnya.

 

Pos terkait