Beredar Empat Nama Penjabat Bupati/Wali Kota Yang Ditunjuk Mendagri Ke Maluku

Ambon, MalukuPost.com – Beredar di media sosial (medsos) sejumlah nama yang bakal ditunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai penjabat Bupati/Wali Kota di Maluku.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini Rabu (18/05/2022) siang menyebutkan, empat nama yang akan menjabat yakni Ilyas Hamid yang merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Buru, Umar Alhabsi saat ini menjabat Staf Ahli di Setda Pemerintah Provinsi Maluku, Ruben Benharvioto Moriolkosu merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar serta Brigjen TNI Amino Setia Budi yang merupakan Kabinda Riau.

Ilyas Hamid Bakal diangkat menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Buru, selanjutnya Umar Alhabsi bakal diangkat sebagai Penjabat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Ruben Benharvioto Moriolkosu bakal diangkat menjadi Penjabat Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Brigjen TNI Amino Setia Budi akan menjadi Penjabat Kota Ambon.

Keempat Penjabat Bupati/ Wali Kota tersebut bakal dilantik Gubernur Maluku pada tanggal 22 Mei 2022 mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Maluku, Boy Kaya ketika dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, terkait kebenaran informasi tersebut belum membalas pertanyaan dari redaksi.

Sekedar diketahui, pemerintah provinsi telah mengusulkan nama-nama sebagai Caretaker Bupati/ Wali Kota namun tidak bisa diakomodir karena telah melewati batas waktu pengusulan yakni tanggal 22 April 2022. Usulan nama-nama dari pemprov Maluku baru dimasukan pada 9 Mei 2022.

Keterlambatan memasukan nama-nama caretaker bukan saja Provinsi Maluku namun hal yang sama dialami juga oleh Provinsi Papua, Sumatera Selatan.

Empat daerah yaitu Kota Ambon, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat masa jabatan bupati/wali kota-nya akan berakhir 22 Mei 2022.

Pos terkait