Sosialisasi Pemahaman Kepemiliuan Sebagai Sarana Berbagi Informasi

Bawaslu Kota Tual gelar Sosisalisasi Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan. Kamis (16/6/2022).

Tual, MalukuPost.com – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tual, Badarudin Madubun menyatakan, Sosialisasi Kepemiluan sangat penting sebagai sarana berbagi informasi tentang teknis kepemiluan dan pengawasan hak penyandang disabilitas di pemilu serentak 2024.

Hal tersebut disampaikannya dalam Sosisalisasi Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan di Tual, Kamis (16/6/2022).

Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus memberikan pemahaman tentang kepemiluan serta menyukseskan pemilihan umum 2024 di Kota Tual nanti.

Sejumlah elemen turut hadir dalam kegiatan sosialisasi dimaksud diantaranya insan pers, perguruan tinggi, para kepala sekolah SMA dan SMK yang ada pada wilayah Kota Tual.

”Pada intinya sosialisasi ini sebagai bentuk silahturahmi teman-teman pers, perguruan tinggi dan kepala sekolah untuk memberikan pemahaman agar menyukseskan pemilu 2024,” kata Madubun.

Menurutnya, pihaknya menerima saran dan masuk dari para peserta sosialisasi sebagai catatan yang akan ditindaklanjuti oleh Bawaslu Kota Tual.

Di tempat yang sama, Kordiv Hukum Bawaslu Kota Tual Junaidi Bugis dalam sosialisasi tersebut menjelaskan tentang pelanggaran pemilu.

Menurutnya, berkaca dari pengalaman pemilu 2018-2019 yang lalu, ada kasus pelanggaran pemilu yang diproses hingga keputusan hukum oleh Pengadilan Negeri Tual, namun ada juga kasus dugaan pemilu yang di laporkan masyarakat yang tidak memenuhi unsur untuk ditindaklanjuti.

Pos terkait