AMGPM Gelar Pentas Seni Budaya Di Pantai Ngurbloat, Tethool: Kami Dukung Penuh Kegiatan Seperti Ini

391612383 10220410274006923 4439455435935544343 n 2
Pentas seni dan budaya oleh (AMGPM) Cabang Irene Ranting Imanuel di Pantai Ngurbloat Ohoi Ngilngof, Sabtu, (28/102023)

Langgur, MalukuPost.com – Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Cabang Irene Ranting Imanuel menggelar pentas seni budaya memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Kegiatan yang dipusatkan di lokasi wisata Pantai Ngurbloat Ohoi Ngilngof Sabtu, (28/10/2023) tersebut, mendapat dukungan penuh dari pengelola lokasi setempat.

Adapun pentas seni budaya yang ditampilkan yakni kolaborasi tarian daerah Maluku Barat Daya (MBD), Tanimbar, Kepulauan Aru, dan Kepulauan Kei).

Selain itu adapula pentas puisi, fashion show (pakaian adat empat daerah) dan live music.

Ronald Tethool, selaku Ketua Badan Pengelola Wista Pantai Ngurbloat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan dimaksud.

“Saya dan teman-teman pengelola sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada AMGPM Cabang Irene Ranting Imanuel yang telah melaksanakan kegiatan ini,” kata Ronald di Langgur, Senin (30/10).

“Kami sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, karena pengelola wisata Ngurbloat ingin bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyalurkan minat dan bakat di lokasi wisata pantai terhalus di dunia ini,” katanya menambahkan.

Menurut Ronald, digelarnya pentas seni dan budaya untuk mengingatkan kita semua teristimewa generasi muda, agar tidak meninggalkan kearifan lokal serta tradisi-tradisi budaya daerah sendiri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarian budaya. Untuk itu kami menyampaikan kepada para pemuda untuk menjaga tradisi-tradisi yang baik terkait dengan seni dan budaya. Meskipun kita ada di tengah zaman modern ini, kita tetap menjaga dan memelihara kearifan lokal,” jelas Ronald.

Dampak dari kegiatan pentas seni dan budaya ini, lanjut Ronald, semakin menambah daya tarik para pengunjung wisata, karena mereka bukan hanya menikmati pesona alamnya saja, tapi juga ada atraksi pentas seni budaya.

Sekilas tentang Ronald Tethool dan Pantai Ngurbloat

Diketahui, Ronald Tethool adalah salah satu figur muda di Malra yang telah menghantar kejayaan pariwisata di Kepulauan Kei.

Sejumlah prestasi besarnya yakni menghantar pariwisata Maluku Tenggara terkenal di seluruh dunia dimana Pantai Ngurbloat ditetapkan sebagai pantai yang memiliki pasir terhalus di dunia.

Selain itu, dari kecerdasan dan profesionalitasnya, pantai Ngurbloat meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia (MURI).

Salah satu destinasi wisata pantai Kepulauan Kei, tepatnya di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku, kini mulai mendunia.

Destinasi wisata dimaksud yakni Pantai Ngurbloat (Pantai Pasir Panjang) yang terletak di Ohoi (desa) Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara.

Ohoi Ngilngof sendiri pernah meraih gelar Desa Wisata dalam Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2021.

Tidak tanggung-tanggung, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno pun sampai menginjakkan kakinya di pantai dengan pasir terhalus di dunia itu.

Menteri Sandiaga bahkan diuji oleh warga setempat untuk membedakan mana pasir dan tepung, saat disodorkan dua wadah yang berisikan pasir pantai Ngurbloat dan tepung. Alhasil, Menteri Sandiaga pun kesulitan untuk membedakan karena keduanya sama-sama halus.

Pantai Ngurbloat dengan bentangan pasir putih sepanjang tiga kilo meter tersebut berhasil raih penghargaan tertinggi yakni pengakuan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penghargaan berupa piagam atas pengakuan dunia tersebut diberikan langsung oleh Pendiri (Father of MURI) Jaya Suprana didampingi Menteri Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu (30/10/2022)

Pos terkait