Selama Berkarier Di Tanah Papua, MSU Selalu Jadi Panutan

868f6621 e0ea 486a 98ce 798eee63f8c5
Martinus Sergius Ulukyanan (MSU), Bakal Calon Bupati Maluku Tenggara  Periode 2024-2029.

Langgur, MalukuPost.com – Martinus Sergius Ulukyanan (MSU) adalah bakal calon (balon) Bupati Maluku Tenggara (Malra) Periode 2024-2029.

Pria kelahiran 26 Mei 1966 asal ohoi (desa) Hollat, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Malra itu pernah meniti karier sebagai aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Puncak Jaya.

Kurang lebih 30 tahun, MSU mengabdi di tanah papua itu.

“MSU adalah salah satu ASN yang bekerja di puncak jaya,” kata Yuni Wonda, mantan Bupati Kabupaten Puncak Jaya, saat dihubungi media ini melalui saluran telepon, Jumat (28/6/2024).

Yuni mengungkapkan, atas kinerja yang baik, maka melalui kebijakan kepala daerah, MSU diangkat menjadi Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“Selama bekerja sebagai Sekretaris KPU, selalu baik hubungannya dengan pimpinan serta staf KPU,” terang Yuni.

Mantan Bupati Puncak Jaya periode 2017-2022 itu menjelaskan, selain di internal KPU, relasi dan komunikasi MSU dengan seluruh partai politik juga sangat baik.

“Tidak pernah terdengar beliau berpihak pada partai politik tertentu, atau kandidat tertentu,” beber Yuni.

Selain itu, MSU selama menjabat Sekretaris KPU, tidak ada tuntutan masyarakat, baik itu melalui media sosial maupun datang secara langsung (aksi demo).

c25a9ecc abf3 4dc2 a850 ade45345a4c7
Dr. Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., M.M. (Mantan Bupati Puncak Jaya, Papua (Periode 2017-2022).

MSU berhasil mengangkat anak asli kabupaten setempat untuk bekerja sebagai honor di KPU. Memang diluar aturan, namun kebijakan itu diambil dengan berkoordinasi ke pemerintah daerah, untuk penganggaran dan pembiayaannya,” ungkap Yuni.

Teladan baik yang ditunjukkan MSU yakni ketika pemilu kabupaten Puncak selalu menggunakan sistim noken dan ribut. Namun, MSU biasanya melakukan mediasi (pendekatan) persuasif terhadap tokoh-tokoh masyarakat setempat, sehingga pemilu berjalan dengan aman damai. Hal ini yang membuat sosok MSU sangat dihormati.

Bagaimana pendekatan MSU dengan masyarakat Puncak Jaya?

Pria pemegang gelar doktor ini menegaskan, selama bertugas, MSU tidak berpihak pada kelompok, oknum-oknum, atau partai politik tertentu.

Dalam lingkungan kerjanya, MSU tidak pernah melakukan tindakan atau kebijakan yang merugikan stafnya maupun masyarakat sekitar, sehingga dihadapan staf dan masyarakat beliau adalah orang baik.

“Saya sangat berharap kehadiran beliau (MSU) bisa meneruskan kinerja yang pernah dilakukannya di Puncak Jaya yakni menyatukan seluruh komponen masyarakat Malra,” pungkas Yuni.

Sekedar tahu, Yuni Wonda saat ini maju sebagai Calon Bupati Puncak Jaya pada pilkada serentak tahun 2024.

Pos terkait