Imigrasi Ambon Pulangkan Sembilan WN Thailad

  • Whatsapp
Nanang Koesdarjanto
Ambon, malukupost.com – Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, akan memulangkan lagi sembilan orang warga negara asing (WNA) asal Thailand ke negaranya menyusul 21 orang lainnya yang sudah dipulangkan (26/3).

“Sesuai dengan rencana pemulangan sembilan orang tersebut akan dilaksanakan Rabu (1/4) 2015,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Nanang Koesdarjanto di Ambon, Senin (30/3).

Dia menjelaskan, mereka ini akan dipulangkan dengan salah satu jasa penerbangan dari Bandar Internasional Pattimura menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta dan selanjutnya menuju Thailand.

“Mereka ini awalnya berjumlah 30 orang yang dititipkan di Kantor Imigrasi Kelas I Ambon akhir tahun 2014 sambil menunggu proses pemulangan ke negara asal, dan atas koordinasi Kantor Imigrasi Kelas I Ambon dengan pihak Kedutaan Thailand proses pemulangan dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya.

Malahan pada hari Minggu (29/3), lanjutnya, Kedutaan Thailand bersama Konsul, Perwira Kepolisian Thailand, Atase Kepolisian Indonesia di Thailand, Kementerian luar Negeri Thailand dan pihak Kementerian Sosial yang seluruhnya berjumlah 20 orang sempat mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Ambon.

“Rombongan Kedutaan ini datang ke Ambon selain atas kerja sama juga mengucapkan apresiasi kepada Kantor Imigrasi Kelas I Ambon yang selama ini melayani warganya yang ditahan dengan baik,” ujarnya.

Mereka sangat berterima kasih, lanjutnya, sebab apa yang sudah dilakukan pihak Imigrasi Kelas I Ambon sudah sangat baik dan perlu mendapat apresiasi.

Menurut dia, dalam percakapan kamarin itu pihak Kedutaan Thailand tetap akan bekerja sama dengan Imigrasi Kelas I Ambon sebab ingin sekali memulangkan warga negaranya yang masih ditahan atau bisa saja dikemudian hari ada yang ditahan.

Selain itu, ada juga solusi yang terbaik guna mendapatkan warga Thailand yang hingga kini masih tersembunyi akan diajak keluar dan menyerahkan diri ke Imigrasi agar bisa dilakukan proses pemulangan.

“Intinya Kedutaan Thailand tetap melakukan kerja sama dengan Imigrasi Kelas I Ambon dalam hal proses pemulangan warganya yang ditahan di Ambon,” ujarnya. (ant/MP)

Pos terkait