Tiga Desa Penuhi Syarat Penerimaan Dana Desa

silooy add

Ambon, Maluku Post.com – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kota Ambon, Robby Silooy menyatakan baru tiga desa yang telah memenuhi syarat untuk menerima alokasi Dana Desa dari pemerintah pusat.

“Dari 30 desa dan negri di Ambon baru tiga desa yakni Desa Laha, Poka kecamatan Teluk Ambon dan Amahusu kecamatan Nusaniwe yang siap menerima transfer langsung Dana Desa,” katanya di Ambon, Kamis 916/7).

Menurut dia, syarat yang harus dipenuhi setiap desa adalah memasukkan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Desa kepada pemerintah.

Undang- Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa mengatur kebijakan pendanaan yakni transfer langsung Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD). Jumlah dana yang akan ditransfer ke setiap desa di Ambon sangat besar, bahkan melebihi anggaran yang diterima kecamatan.

“Pengelolaannya tentu membutuhkan kearifan dan tanggung jawab yang sangat besar bukan hanya kepala desa atau raja beserta aparaturnya, tetapi juga pemangku kepentingan lain yang ada di desa atau negeri,” ujarnya.

Robby mengatakan, tahun 2015 30 desa dan negeri di Ambon akan menerima dana sebesar Rp9,6 miliar.

“Total dana yang telah diterima hingga saat ini Rp3,2 Miliar yang terbagi menjadi setiap desa menerima kurang lebih Rp321 juta. Jumlah ini jauh lebih besar dari anggaran kecamatan Rp200 juta untuk kecamatan Sirimau yang merupakan kecamatan terbesar di Ambon,” katanya.

Dijelaskannya, tata cara pembagian dana desa untuk 30 desa dan negri di Ambon dihitung dengan rincian 90 persen untuk alokasi dasar dan sisanya 10 persen akan dibagi berdasarkan variabel pengukuran.

Variabel pengukuran yang digunakan yakni jumlah penduduk, keluarga miskin, luas wilayah dengan indeks kesulitan geografis dari statistik.

“Dana Desa terendah yang diperoleh desa di Ambon Rp301 juta dan yang tertinggi Rp448 juta,” katanya.

Sedangkan ADD, kata Roby yang diterima kota Ambon tahun 2015 sebesar Rp2,8 Miliar, jumlah tersebut mengalami kenaikan 103 persen dibandingkan tahun 2014 sebesar Rp1,4 Miliar.

“Jumlah ADD yang akan diterima setiap desa yang terendah Rp89 juta dan tertinggi Rp132 juta. Sehingga rata-rata dana yang akan diterima setiap desa tahun 2015 yakni Rp416 juta atau Rp390 juta terendah dan Rp518 juta yang tertinggi,” ujarnya.

Pihaknya berharap, desa yang lain minta untuk segera menyelesaikan penyusunan APB desa karena anggaran tersebut telah dicairkan pempus ke rekening Pemkot, selanjutnya akan ditransfer ke setiap desa.

“Pencairan dana desa tidak sekaligus sebesar Rp1 miliar untuk setiap desa, tetapi akan dicairkan secara bertahap mulai dari tahun 2015 hingga tahun 2017 mendatang sehingga setiap desa akan memperoleh Rp 1miliar,” tandas Robby Silooy.(ant/MP)

Pos terkait