Dinkes Nyatakan Vaksin Kota Ambon Aman

Ambon, Maluku Post.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Treesje Tory menyatakan vaksin yang tersedia di ibu kota Maluku aman untuk bayi dan anak bawah lima tahun. "Vaksin di seluruh tempat pelayanan kesehatan di Kota Ambon termasuk puskesmas dan posyandu merupakan vaksin asli sebab dikeluarkan oleh pemerintah melalui distributor resmi sehingga aman untuk diberikan kepada bayi dan balita," katanya di Ambon, Kamis (30/6). Menurut dia, stok vaksin Kota Ambon berasal dari Kementerian Kesehatan yang didistibusikan ke Dinkes Provinsi Maluku sebelum ke kabupaten dan kota. "Kami telah melakukan pengawasan dan pemeriksaan di seluruh puskesmas dan posyandu untuk memastikan keaslian stok vaksin" katanya Pihaknya berupaya memperketat pengawasan aliran masuk peralatan kesehatan dan obat-obatan, termasuk vaksin Dinkes Ambon, katanya, terbuka bekerja sama dengan instansi lain guna memerangi peredaran vaksin palsu di masyarakat. "Kami juga mengimbau tim medis meneliti obat sebelum diberikan kepada pasien. Kami minta diteliti benar-benar, karena pemalsuan itu bisa saja terjadi pada obat selain vaksin," kata Treesje. Sebelumnya Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku memeriksa stok vaksin di sejumlah apotek, PBF dan puskesmas Kota Ambon. Pengawasan dilakukan sejak tanggal 23 Juni 2016 untuk memastikan stok vaksin seluruhnya asli, kata Kepala BPOM Maluku, Sandra Linthin. "Kami bersyukur selama ini vaksin di sejumlah puskesmas diperoleh dari penyalur resmi dan terpercaya, sehingga dipastikan penggunaannya juga tidak merugikan masyarakat," katanya. (MP-3)

Ambon, Maluku Post.com – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, Treesje Tory menyatakan vaksin yang tersedia di ibu kota Maluku aman untuk bayi dan anak bawah lima tahun.

“Vaksin di seluruh tempat pelayanan kesehatan di Kota Ambon termasuk puskesmas dan posyandu merupakan vaksin asli sebab dikeluarkan oleh pemerintah melalui distributor resmi sehingga aman untuk diberikan kepada bayi dan balita,” katanya di Ambon, Kamis (30/6).

Menurut dia, stok vaksin Kota Ambon berasal dari Kementerian Kesehatan yang didistibusikan ke Dinkes Provinsi Maluku sebelum ke kabupaten dan kota.

“Kami telah melakukan pengawasan dan pemeriksaan di seluruh puskesmas dan posyandu untuk memastikan keaslian stok vaksin” katanya Pihaknya berupaya memperketat pengawasan aliran masuk peralatan kesehatan dan obat-obatan, termasuk vaksin Dinkes Ambon, katanya, terbuka bekerja sama dengan instansi lain guna memerangi peredaran vaksin palsu di masyarakat.

“Kami juga mengimbau tim medis meneliti obat sebelum diberikan kepada pasien. Kami minta diteliti benar-benar, karena pemalsuan itu bisa saja terjadi pada obat selain vaksin,” kata Treesje.

Sebelumnya Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Maluku memeriksa stok vaksin di sejumlah apotek, PBF dan puskesmas Kota Ambon.

Pengawasan dilakukan sejak tanggal 23 Juni 2016 untuk memastikan stok vaksin seluruhnya asli, kata Kepala BPOM Maluku, Sandra Linthin.

“Kami bersyukur selama ini vaksin di sejumlah puskesmas diperoleh dari penyalur resmi dan terpercaya, sehingga dipastikan penggunaannya juga tidak merugikan masyarakat,” katanya. (MP-3)

Pos terkait