Gangguan Satelit Telkom-1 Tidak Berdampak Di Ambon

  • Whatsapp
Ambon, Malukupost.com - Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku Bambang Hermanto mengatakan gangguan jaringan Satelit Telkom-1 yang berdampak pada layanan operasional ATM di Indonesia tidak terlalu dirasakan di Kota Ambon, Maluku.  "Berdasarkan informasi yang diterima dari perbankan di wilayah Maluku, hari ini jaringan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang melekat di jaringan kantor berjalan normal," kata Bambang, saat dikonfirmasi terkait gangguan jaringan Satelit Telkom 1, di Ambon, Selasa (29/8).

Ambon, Malukupost.com – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku Bambang Hermanto mengatakan gangguan jaringan Satelit Telkom-1 yang berdampak pada layanan operasional ATM di Indonesia tidak terlalu dirasakan di Kota Ambon, Maluku.

“Berdasarkan informasi yang diterima dari perbankan di wilayah Maluku, hari ini jaringan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang melekat di jaringan kantor berjalan normal,” kata Bambang, saat dikonfirmasi terkait gangguan jaringan Satelit Telkom 1, di Ambon, Selasa (29/8).

Ia mengatakan ada sebagian kecil jaringan ATM di luar kantor yang off atau mati, namun bank-bank sudah melakukan langkah antisipasi dengan mengerahkan vendor untuk memperbaiki posisi VSAT agar ATM bisa berjalan normal, dengan menambah pasokan uang tunai di jaringan kantor untuk berjaga-jaga melayani nasabah yang biasanya mengambil uang di ATM.

“Beberapa bank juga sudah mengimbau kepada para nasabah untuk ATM yang masih bermasalah dapat dilayani di kantor dan dapat pula menggunakan E Chanel melalui internet/mobile banking,” katanya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK Anto Prabowo saat di hubungi di Jakarta, Senin, mengatakan OJK dan Bank Indonesia sedang berkoordinasi dengan PT Telekomunikasi Tbk mengupayakan agar seluruh layanan perbankan dapat beroperasi normal secepat mungkin.

“OJK memastikan layanan nasabah tidak terganggu meskipun ada beberapa jaringan ATM di beberapa bank terdampak khususnya ATM yang memakai VSAT yang terhubung dengan satelit tersebut,” ujar dia.

Anto mengatakan jaringan ATM yang terganggu adalah yang memakai sistem VSAT. Sebagian besar jaringan ATM dengan VSAT berada di daerah terpencil.

Untuk sebagian besar ATM dan jaringan Kantor Bank yang umumnya sudah terhubung dengan optik fiber, kata dia, dipastikan tidak terganggu anomali Satelit Telkom-1. (MP-5)

Pos terkait