Polwan Berhijab Kawal Pelaksanaan Ibadah Minggu

Ambon, Malukupost.com - Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan sejumlah Polwan berhijab untuk mengawal dan menjaga keamanan pelaksanaan ibadah Minggu di sejumlah Gereja Protestan Maluku dan Katedral di Kota Ambon. "Ini merupakan salah satu program Polda yang selain melaksanakan pengamanan, juga diharapkan sebagai media berkomunikasi dan interaksi dengan pendeta dan saudara-saudara umat Kristiani," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Minggu (22/4).

Ambon, Malukupost.com – Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan sejumlah Polwan berhijab untuk mengawal dan menjaga keamanan pelaksanaan ibadah Minggu di sejumlah Gereja Protestan Maluku dan Katedral di Kota Ambon.

“Ini merupakan salah satu program Polda yang selain melaksanakan pengamanan, juga diharapkan sebagai media berkomunikasi dan interaksi dengan pendeta dan saudara-saudara umat Kristiani,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat di Ambon, Minggu (22/4).

Kegiatan serupa juga dilakukan Polda Maluku dengan mengerahkan Polwan beragama Kristen, Hindu, atau pun Budha untuk menjaga keamanan saat berlangsung ibadah Jumat pada sejumlah masjid di Kota Ambon, dan program ini akan terus berjalan ke depannya.

Menurut Kabid Humas, saat berkomunikasi tentunya diharapkan ada berbagai masukan positif dari jemaat guna perbaikan kinerja Polda Maluku ke depan.

Sejumlah gereja yang dikawal aparat Polwan Polda Maluku adalah Gereja Silo, Rehoboth Batugantung, Bethania di Batugajah, Gereja Josep Kham Belakang Soya, Katedral Maria Mediator, serta Gereja Maranatha.

“Pada kesempatan tersebut, kami juga menyampaikan berbagai pesan positif sehingga terwujud kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dan damai,” ujar Kabid Humas.

Pengamanan yang dilakukan para polwan berhijab ini adalah menyambut kehadiran jemaat di halaman gereja serta menjaga lingkungan sekitar tempat ibadah.

Selain melakukan pengamanan oleh Polwan Berhijab, Polda Maluku juga melaksanakan kegiatan ibadah kamtibmas seperti di Gereja Silo diikuti personel Ditreskrumsus dipimpin Kompol Marcus, Gereja Marantha dipimpin Bripka Sailakua bersama personel Dit Polair.

Setelah prosesi ibadah berakhir, personel polisi memberikan ceramah kamtibmas tentang bahaya penyebaran berita bohong (Hoax) dan ujaran kebencian (Hate Speech) serta provokas bernada SARA.

Jemaat juga diajak menjaga persatuan, perdamaian, dan mempertahankan serta menjaga keutuhan NKRI.

Kapolda Maluku Irjen Pol AAndap Budhi Revianto dan Wakapolda Brigjen Pol Hasanuddin juga telah menggelar kegiatan Shalat Subuh Berjamaah yang dilakukan secara berpindah-pindah pada semua Masjid di Pulau Ambon dan sekitarnya. (MP-3)

Pos terkait