Viralnya Beras Plastik di Tual Ternyata Hoaks

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Warga kota Tual beberapa waktu lalu sempat gempar saat viralnya video tentang adanya beras plastik yang diambil dari karung berlabel Bulog ukuran 50 kg, namun ternyata sesuai hasil penelitian ternyata tidak benar (Hoaks).

Kepala Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kota Tual, Darna Amir mengatakan setelah beredarnya video beras plastik tersebut, Pemerintah Kota Tual bersama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat telah mengunjungi pasar untuk mengecek sekaligus mengambil sampel untuk dikirim ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku.

“Sampe itu diuji pada Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Balai Riset dan Standarisasi Industri Ambon,” ujarnya di Tual, Kamis (13/2)

Amir katakan, pada saat kejadian tersebut pihaknya bersama dengan bapak wakil walikota dan Bolog Tual, langsung melakukan pengecekan pada pasar dan sesuai instruksi bapak walkot Tual kami telah mengambil sampel, untuk diteliti di Ambon.

“Hasil uji laboratorium atas dugaan beras plastik yang di temukan warga kota tual dalam karung 50 Kg, dengan berlabel Bulog itu setelah diteliti ternyata tidak mengandung unsur asing atau plastik,” ungkapnya
.
Menurut Amir, berdasarkan sertifikat, hasil uji dari Barista Ambon atas sampel yang dikirim tidak mengandung unsur asing atau plastik, jadi beras bulog itu asli dan aman untuk dikonsumsi.

“Berdasarkan hasil uji dari badan penelitian dan pengembangan industri, balai riset dan standarisasi industri ambon, dengan nomor analisis 04/BIAM/MS/I/2020 menyebutkan kalau beras bulog tersebut itu baik dan tidak mengandung unsur kimia atau plastik,” tuturnya.

Amir menambahkan, hasil uji standar berdasarkan SNI 6128.2015, atas parameter uji beras menunjukan, bau normal, derajat sosoh 78, 95%, kadar air 12, 82%, bulir patah 9,3684 gr/100gr, bulir menir 10,2163 gr/100gr, bulir gabah 0,000 gr/100gr, benda asing 0,000 gr/100gr, dan bebas dari campuran dedak serta bakatul 0,000 gr/100gr.

Pos terkait