Pemkab Kepulauan Tanimbar Gelar Pasar Murah Jelang Lebaran

  • Whatsapp
Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Ruben Benharvioto Moriolkosu membuka kegiatan Pasar Murah di Saumlaki

MalukuPost.com, Saumlaki – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar menggelar pasar murah bagi masyarakat di kota Saumlaki dan beberapa desa sekitar di kecamatan Tanimbar Selatan, Kamis (21/5/2020).

Berdasarkan pantauan Malukupost.com, kegiatan pasar murah itu dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda), Ruben Benharvioto Moriolkosu dan dihadiri oleh sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Masyarakat yang datang wajib membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) agar bisa dicek identitas, karena masyarakat yang beragama muslim menjadi prioritas pelayanan.

Kepala dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja kabupaten Kepulauan Tanimbar, Elisabeth I.Werembinan menyatakan, kegiatan pasar murah yang digelar itu bertujuan membantu warga muslim di kota Saumlaki dan sekitarnya untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau menjelang perayaan Idhul Fitri 1441 hijriyah.

“Apalagi ini dalam kondisi Covid-19 dimana banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian,” katanya

Menurut Elisabeth, Pemerintah kabupaten Kepulauan Tanimbar menjual paket sembako murah setengah harga dari harga eceran di pasar sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat, sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah.

“Kami sudah 3 tahun terakhir mengadakan pasar murah tapi berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini lebih banyak peminatnya. Kali ini dalam sehari saja kita siapkan 700 paket, dan dalam hitungan jam sudah laku terjual,” ungkapnya.

Elisabeth katakan, pemilihan lokasi pasar murah yang berada di pelataran Yamdena Plaza Saumlaki karna kebanyakan wilayah itu ditempati umat muslim.

“Jika kita buka di tempat lain, akan susah dijangkau sehingga sasaran yang ingin kita capai itu tidak terpenuhi. Karena banyak orang berkerumun dan mereka agak khawatir maka hanya sebagian masyarakat yang beragama muslim yang bisa masuk untuk membeli,” tandasnya.

Penjabat Sekda Kepulauan Tanimbar, Ruben Benharvioto Moriolkosu dalam arahannya menyatakan, kegiatan pasar murah itu sebagai upaya menghadapi pandemi Covid-19 dan dalam rangka menjaga kemungkinan terjadinya kelangkaan sembako.

“Saat ini Kabupaten Kepulauan Tanimbar masih berada dalam zona hijau, dan ini semua berkat kerjasama masyarakat yang selalu tertib dalam menjalankan protokol kesehatan. Saya mengimbau untuk kita semua tetap menjaga jarak dan jalankan anjuran tim gugus tugas Covid-19, agar daerah kita tetap berada di zona hijau,” bebernya.

Sekedar diketahui, jenis sembako yang dijual dengan harga murah antara lain 5 kilogram beras dibandrol seharga Rp30.000, 1 kilogram gula pasir seharga Rp10.000, 1 kilogram tepung terigu seharga Rp.7.000, 10 bungkus mie instan seharga Rp.15.000, 1 liter minyak goreng seharga Rp.10.000, 1 kaleng susu kental manis seharga Rp.8.000, 4 saset mentega seharga Rp.10.000 dan 1 botol sirup ABC seharga Rp. 10.000.Total sembako dengan harga murah ini dijual sebanyak 700 paket.

Pos terkait