DPRD Maluku Bentuk Pansus Bahas Ranperda PD Maluku Energi Abadi

  • Whatsapp
Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimurry

Ambon, MalukuPost.com – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury menyatakan pihaknya telah menggendakan untuk membentuk Panitia Khusus (Pansus) dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perusahan Daerah (PD) Maluku Energi Abadi

“Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan akan berlangsung di Jumat, 26 Juni mendatang, usai sholat Jumat kita laksanakan paripurna secara virtual,” ujarnya di Ambon, Selasa (23/06).

Menurut Wattimury, sebelum di paripurnakan tanggal 26 mendatang, pihaknya telah membahasnya dalam Badan Musyawarah (Bamus), dan sudah sepakati untuk segera dilanjutkan pembahasan perda tersebut dan menindaklanjuti Ranperda yang diserahkan langsung oleh Gubernur.

“Dalam rapat Bamus telah dibicarakan dan sudah disepakati untuk pembentukan Pansus dengan jumlah 17 orang. Untuk tata tertib mekanisme selanjutnya adalah jika ada pembentukan Pansus untuk membahas satu Ranperda,”ungkapnya.

Wattimury katakan, menyangkut siapa pimpinan Pansus akan disampaikan kemudian hari. Tetapi yang pasti pembentukan Pansus ini melibatkan semua fraksi.

“Kami juga mengharapkan tadi untuk pembahasannnya harus dilakukan dengan mempertimbangkan waktu yang ada, apalagi ditengah pendemi Covid-19 dan juga sementara diberlakukan PSBB. Memang ini kesulitan bagi kami tapi kami sudah berkomitmen untuk segera menyelesaikan pembahasan Perda ini,”bebernya.

Wattimury menilai, keberadaan Perda tersebut sangat perlu, karena berkaitan dengan pengelolaan Blok Masela, dan jika tidak ada maka Provinsi Maluku akan rugi besar.

“Kalau sampai Perda tentang perusahaan daerah Maluku energi Abadi tidak ada, kita yang rugi, dan betapa ruginya Maluku terutama masyarakat. Oleh karenanya kami berkomitmen untuk segera menyelesaikannya,”tandasnya.

Wattimury berharap, agenda yang sudah ditetapkan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga aktifitas pemerintahan berjalan seperti biasa, walaupun ditengah pendemi Covid-19.

“PD Maluku Energi Abadi kita sudah perjuangkan mati-matian melalui pak Gubernur, perangkat-perangkat untuk mengelolanya kedepan itu sudah tersedia dengan baik,”pungkasnya.

Pos terkait