Pengurus TP-PKK Kecamatan Kei Kecil, Resmi Dilantik

  • Whatsapp

Langgur, Malukupost.com – Pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Periode 2020-20204, resmi dilantik hari ini, Sabtu (6/6/2020), yang dipusatkan di Balai Ohoi Langgur.

Pelantikan tersebut, dilakukan langsung oleh Camat setempat, Corneles Rettob, yang dihadiri pula oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Malra, Ibu Eva Eliya Hanubun,  serta Pejabat Kepala Ohoi Langgur.

Pelaksanaan pelantikan tersebut itu pula digelar dengan  tetap berpedoman pada protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19.

Kepada Malukupost.com, Rettob menjelaskan, tujuan dari gerakan PKK adalah memberdayakan keluarga, untuk meningkatkan kesejahteraan, menuju keluarga yang beriman dan bertaqwa kepda Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri.

Sedangkan sasarannya adalah keluarga di pedesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan kemampuannya dibidang spiritual yang meliputi sikap dan perilaku sebagai insan yang percaya kepada Tuhan, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Hal-hal tersebut, semuanya akan kita wujudkan melalui 10 Progam Pokok PKK,” ujarnya.

Rettob mengungkapkan, setelah dilantik, ibu-ibu pengurus TP-PKK Kecamatan Kei Kecil, wajib memperhatikan beberapa hal, diantaranya menyusun program kerja, karena dengan itu akan menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas PKK di kecamatan.

“Tentunya akan disesuaikan pula dengan program kerja PKK tingkat kabupaten dan tingkat pusat. Dan jangan lupa juga bahwa, dengan kondisi saat ini, maka sudah seharusnya kita menyesuaikan untuk penanganan Covid-19. Hal itu pelu diperhatikan, karena PKK ini sebagai ujung tombak di masayarakat,” tandasnya.

Setelah program kerja dibuat dan dilaksanakan, maka perlu dilakukan dievaluasi, untuk melihat sejauh mana program-program yang sudah dilaksanakan tersebut apakah ada dampak bagi masyarakat secara langsung atau belum.

Dalam evaluasi itu pula, akan dilihat program-program kerja apa yang belum dilaksanakan serta masalahnya, untuk dicari solusinya

“Jadi, ibu-ibu PKK ini agar dalam mainset-nya nanti, harus ada mimpi besar tentang apa saja yang harus kita lakukan di kecamatan Kei Kecil, khususnya untuk membangun keluarga,” imbuhnya.

Selain itu, di dalam pelaksanaan tugas PKK, tentunya harus ada dukungan dana di kecamatan.

Dijelaskan Rettob, walaupun dukungan dana tidak sebesar dana ohoi, tetapi akan diakomodir sejumlah anggaran untuk membantu ibu-ibu dalam kegiatan operasional.

“Kita ketahui bersama, bahwa PKK ini adalah kegiatan sosial. Artinya, ibu-ibu yang melaksanakan tugas sebagai pengurus PKK itu melaksanakan tugas sebagai tenaga sukarela, maka anggaran tersebut akan membantu serta menunjang kelancaran operasional, dan tentunya akan ada peningkatan dari tahun ke tahun setelah kita melihat kondisi yang terjadi,” tukasnya.

Selain itu, dukungan anggaran juga telah diperuntukkan kepada ohoi-ohoi. Untuk itu, diharapkan adanya kerja sama TP-PKK Kecamatan dengan ohoi-ohoi.

“Selaku pembina PKK kecamatan, saya berharap dukungan dari TP-PKK Kabupaten Malra berupa pembinaan, sosialisasi maupun pendampingan kepada TP-PKK Kecamatan Kei Kecil,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pengurus TP-PKK Kecamatan Kei Kecil yang dilantik tersebut yakni, Ibu Tresia Rettob selaku Ketua, Ibu dr. Yati Raroasi Damamain dan Ibu Dian Novita Rahakbauw masing-masing menjabat Wakil Ketua I dan II, Ibu Maura Toatubun sebagai Sekretaris, serta dibantu dengan kelompok-kelompok kerja (Pokja).

Pos terkait