Kapolri Setujui Polres MTB Berganti Nama “Polres Kepulauan Tanimbar”

  • Whatsapp
Kapolres MTB, AKBP Adolf Bormasa

Saumlaki, MalukuPost.com – Kepala Kepolisian resor (Kapolres) Maluku Tenggara Barat, AKBP Adolf Bormasa menyatakan, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Idham Azis menyetujui perubahan nomenklatur Polres Maluku Tenggara Barat (MTB) menjadi Polres Kepulauan Tanimbar yang tertuang dalam surat keputusan Kapolri nomor : Kep/1177/VI/2020 tanggal 5 Juni 2020.

Menurut Bormasa, persetujuan perubahan nomenklatur Polres MTB oleh Kapolri Idham Azis ini dilakukan berdasarkan usulan Kapolres MTB AKBP. Andre Sukendar setahun yang lalu. Dan pada saat dirinya bertugas sebagai pengganti Kapolres Sukendar, kembali dilakukan koordinasi dengan Kapolda Maluku untuk memperoleh kepastian atas usulan tersebut.

“Jadi dalam keputusan Kapolri itu, nomenklatur Polres MTB ini sudah berganti menjadi Polres Kepulauan Tanimbar,” ujarnya di Saumlaki, Rabu (1/7/2020).

Dijelaskan Bormasa, usulan perubahan nama ini diajukan dalam rangka penyesuaian nomenklatur kewilayahan Polres dengan wilayah administrasi kabupaten yang baru berubah nama dari kabupaten MTB menjadi kabupaten Kepulauan Tanimbar berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 2 tahun 2019 tentang perubahan nama kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Untuk penggunaannya, kita masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari pak Kapolda. Kalau dari Mabes sudah disetujui. Ini adalah hadiah terindah dari Pak Kapolri untuk kabupaten Kepulauan Tanimbar,” ungkapnya.

Kapolres Bormasa berterima kasih kepada atasannya karena dari sekian banyak usulan perubahan nomenklatur, hanya usulan perubahan nomenklatur Polres MTB yang disetujui oleh Kapolri.

“Daerah hukum Polres Kepulauan Tanimbar meliputi 9 kepolisian sektor (Polsek) yakni : Polsek Tanimbar Selatan, Polsek Tanimbar Utara, Polsek Selaru, Polsek Wertamrian, Polsek Kormomolin, Polsek Nirunmas, Polsek Wermaktian, Polsek Wuarlabobar, dan Polsek Fordata,” bebernya.

sementara itu, Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon menyambut baik keputusan Kapolri dan memberikan apresiasi kepada pimpinan dan jajaran Kepolisian yang telah memperjuangkan perubahan nama Polres MTB menjadi Polres Kepulauan Tanimbar.

“Apresiasi kepada pak Kapolres, pak Kapolda Maluku dan pak Kapolri yang mana nomenklatur Polres Maluku Tenggara Barat sudah dirubah menjadi Polres Kepulauan Tanimbar,” pungkasnya.

Pos terkait