Penanganan Pasien Covid-19 Ditanggung Sepenuhnya Oleh Pemerintah

  • Whatsapp
Juru Bicara Gustu Covid-19 sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara, dr. Katrinje Notanubun, M.Kes.

Langgur, Malukupost.com – Juru bicara Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kaupaten Maluku Tenggara (Malra), dr. Katrinje Notanubun mengatakan, terkait penanganan pasien Covid-19 di Malra, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak rumah sakit.

“Untuk penanganan pasien Covid-19 tentu saja ada koordinasi-koordinasi antara tim Gustu dan pihak rumah sakit. Kita sudah diberikan kesempatan untuk menyusun anggaran-anggaran tambahan sesuai dengan perkembangan Covid-19 (tidak bersifat statis tapi fleksibel),” ujarnya di Langgur, Rabu (22/7/2020).

dr. Notanubun mengungkapkan, terkait dengan obat-obatan yang digunakan di rumah sakit, ternyata ada obat yang persediaannya habis.

Menurutnya, beberapa waktu terakhir ini, perhubungan (laut dan udara) mengalami masalah (akses ditutup), sehingga obat-obatan bahkan APD mengalami keterlambatan.

“Semua masih dalam proses perjalanan. Jadi memang benar ada obat-obatan yang dibelanjakan oleh pihak keluarga, dan karena ini Covid, maka kami berkoordinasi kembali dengan pihak rumah sakit agar pembiayaan (pembelian obat) harus dikembalikan kepada keluarga pasien,” tandasnya.

dr. Notanubun menegaskan, terkait pasien Covid-19, maka pemerintah harus menanggung segala penanganan (sejak awal) pelayanan pengobatan sampai kepada penanganan akhir.

Pos terkait