Perayaan Misa Kembali Dilaksanakan, Ini Penjelasan Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil

  • Whatsapp
Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil, Pastor Wensislaus Eko Setianto Rejaan Pr, saat melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katedral Langgur.

Langgur, Malukupost.com – Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil, Pastor Wensislaus Eko Setianto Rejaan Pr mengatakan, semua perayaan Ekaristi/Misa (baik misa hari Minggu, misa harian maupun misa dalam kesempatan lainnya), Ibadat Devosi dan kegiatan Rohani lainnya dilaksanakan kembali terhitung mulai tanggal 31 Juli 2020.

“Tanggal 31 Juli itu juga sekaligus Peringatan dan Penghormatan 78 Tahun Kemartiran Uskup Johanes Aerts, MSC dan teman-teman. Saya sudah sampaikan untuk seluruh paroki agar pada tanggal tersebut wajib melaksanakan Misa” ujarnya di Langgur, Rabu (29/7/2020).

Terkait dibukanya kembali aktifitas (Misa/Ekaristi) bersama umat, Pastor Eko mengungkapkan, pada tanggal 27 Juli 2020, Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tenggara menggelar pertemuan bersama tokoh agama dan para pejabat penting lainnya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa hal penting lainnya yang salah satunya adalah tentang Rumah Ibadah dan Aktifitas Rohani lainnya.

“Setelah mendengar masukan dari berbagai pihak termasuk para tokoh agama, maka Bupati Malra teah memutuskan bahwa Rumah Ibadah dan aktifitas rohani lainnya dapat dibuka dan dilaksanakan kembali bersama umat dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan penuh disiplin,” tegasnya.

Pastor Eko mengungkapkan, selaku Wakil Uskup, keputusan Bupati tersebut selanjutnya disampaikan dan dikoordinasikan kepada Yang Mulia Uskup Diosis Amboina.

“Selaku Wakil Uskup, saya sudah koordinasikan dengan Yang Mulia Uskup Diosis Amboina, dan hasilnya sudah saya sampaikan dalam surat edaran, dimana ada beberapa penegasan yang perlu diketahui dan dilaksanakan secara tegas, ketat dan disiplin oleh seluruh umat Katolik,” tandasnya.

Dirinya berharap agar para Pastor, Biarawan-biarawati serta semua Umat di wilayah Perwakilan Kei Kecil dan Kota Tual mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan di dalam Surat Edaran Nomor : 02/WU-KK-KT/VI/2020 tentang Pelaksanaan Misa/Peribadatan, kegiatan Rohani dan Parokial dalam Lingkup Wilayah Perwakilan Kei Kecil dan Kota Tual tersebut.

“Saya menghimbau anda sekalian untuk tetap percaya bahwa hanya dengan berkat Tuhan dan kerja sama kita manusia yang memiliki disiplin diri dan ketaatan terhadap aturanlah, maka penyebaran Virus Corona ini dapat teratasi,” pungkasnya.

Pos terkait