Satu Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Di Malra Meninggal

  • Whatsapp
Kepala DInas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gustu Covid-19 Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), dr. Katrinje Notanubun, M.Kes

Langgur, Malukupost.com – Satu pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Maluku Tenggara (Malra) berinisial JR, perempuan (63) tahun, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadsuitubun (RSUD KS) Langgur.

“Memang benar ada satu pasien meninggal dunia sore tadi. Pasien tersebut yakni JR seorang perempuan (usia 63 tahun),” ujar Juru bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Malra, dr. Katrinje Notanubun di Langgur, Sabtu (18/7/2020).

dr. Notanubun mengungkapkan, JR dirawat di RSUD KS Langgur sejak dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab dengan metode Real Time PCR pada tanggal 16 Juli 2020.

Selain itu, pasien yang bersangkutan (JR) juga memiliki penyakit penyerta, yakni Diabetes Melitus (DM), jantung serta gagal napas.

“Jadi, pasien ini datang ke rumah sakit dengan keluhan sakit. Kemudian, pihak rumah sakit memberikan perawatan terhadapnya. Dengan kondisi tersebut, kami juga melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) dan hasilnya adalah reaktif. Dan dari hasil RDT itu selanjutnya dilakukan pemeriksaan Swab terhadapnya dan hasilnya adalah positif,” katanya.

Dijelaskan dr. Notanubun, JR merupakan satu-satunya pasien Covid-19 di Malra yang dirawat dengan riwayat bergejala dan bukan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Terkait proses pemakaman yang akan dilakukan terhadap JR, pihak Gustu Malra telah melakukan komunikasi dan koordinasi kepada pihak keluarga. Dan nantinya pross pemakaman tersebut akan dilakukan sesuai standar Protokol Penanganan Covid-19.

“Kami sudah lakukan komunikasi ke pihak keluarga sekaligus memberikan pemahaman (edukasi) tentang penanganan pasien Covid-19 yang meninggal. Awalnya memang pihak keluarga meminta agar JR dimakamkan di desanya, namun setelah kami lakukan edukasi, maka keluarga dapat menerimanya, sehingga jenazah JR akan dimakamkan di pemakaman disini saja,” pungkasnya.

Pos terkait