Dinsos Malra Serahkan Bansos JPS Dampak Covid-19

  • Whatsapp
Kegiatan penyerahan Bansos JPS oleh Sinas Sosial Malra kepada para Penerima Manfaat, yang dipusatkan di Balai Ohoi Langgur, Senin (28/9/2020).

Langgur, MalukuPost.com – Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial (JPS) Dampak Covid-19, dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Penyerahan Bansos JPS tersebut dipusatkan di Balai Ohoi Langgur, Senin (28/9/2020).

Kepala Dinas Sosial setempat, Hendrikus Watratan menyatakan, sebanyak 340 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bansos Sembako tersebut.

“Proses penyaluran sembako di Ohoi Langgur akan dilakukan selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu nanti untuk 340 KPM,“ ujarnya.

Watratan menjelaskan, total jumlah individu maupun keluarga penerima Bansos Sembako dan Bantuan Tunai yang bersumber dari APBD tersebut sebanyak 2.539 KPM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Maluku Tenggara, Hendrikus Watratan

“Ada dua jenis bantuan yang akan diberikan yaitu sembako dan uang tunai, penerima bantuan tersebut akan menerima enam bulan secara langsung terhitung April hingga September,” ungkapnya.

Untuk penerima Bansos Sembako, berjumlah 508 KPM, yang berdomisili pada wilayah perkotaan yakni Kelurahan Ohoijang-Watdek, Ohoi Watdek, Ohoi OhoiJang, dan Ohoi Langgur.

“Untuk pembagian Bansos Sembako pada kelurahan Ohoijang-Watdek, Ohoi Watdek dan Ohoi Ohoijang, direncanakan akan laksanakan pada Kamis nanti,“ tuturnya.

Watratan mengatakan, penerima Bansos Sembako pada Kelurahan Ohoijang Watdek sebanyak 137 KPM, untuk Ohoi Ohoijang berjumlah 28 KPM, dan Ohoi Watdek 3 KPM.

“Masing-masing KPM, akan menerima Bansos beras sebanyak 60 Kg, telur enam rak dan susu satu pak. Sedangkan untuk penerima bantuan tunai sebanyak 2.031 KPM, yang tersebar pada wilayah pedesaan di 11 kecamatan di Malra,“ tandasnya.

Menurut Watrawan, bantuan tunai tersebut sudah dapat disalurkan dari kas daerah ke PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) ke tiap BRI unit pelayanan pada 11 kecamatan, dan penerima dapat mengecek secara langsung ke rekening masing-masing.

Untuk diketahui, Bansos JPS tersebut bersumber dari APBD Malra dan Provinsi Maluku Tahun 2020, berdasarkan Surat Gubernur Maluku Nomor 460/1230 tanggal 6 April 2020 dan keputusan Bupati Malra Nomor 720 Tahun 2020.

Bansos JPS tersebut sesuai ketentuan Perbup bahwa dimulai sejak bulan April sampai bulan Desember 2020 dengan nilai per KPM yakni Rp. 200.000. Karena telah memasuki bulan September, maka bantuan tersebut kita salurkan sekaligus untuk enam bulan, baik untuk Sembako maupun penyaluran tunai.

“Khusus untuk Sembako, telah diatur juga terkait komponen yang dibelanjakan (sesuai Perbup) ada 9 item yang dibelanjakan diantaranya yakni beras, telur, susu, gula, sayur-mayur, umbi-umbian. Namun karena pertimbangannya kita harus menyesuaikan dengan nilai uang yang dialokasikan dan juga ketersediaan barang yang ada di Malra, sehingga diputuskan bahwa bantuan Sembako ini kita alokasikan (sekaligus untuk bulan April hingga September 2020) berupa beras kwalitas premium (60 kg), telur (6 rak) dan susu Dancow (1 dos) untuk tiap KPM,” pungkasnya.

Terkait bantuan tunai, hari ini juga kami telah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah untuk transfer tunai ke bank BRI, dan selanjutnya BRI akan menyerahkannya kepada 2031 penerima lewat rekeningnya di BRI Unit masing-masing.

Jumlah yang diterima oleh masing-masing penerima yakni Rp. 200.000 tiap bulan (disalurkan untuk 6 bulan yakni April-September 2020). Sehingga penerima bantun tunai Bansos JPS tersebut sebesar Rp. 1.200.000.

 

Pos terkait