Dua Penjabat Kepala Desa di Tanimbar Dilantik

  • Whatsapp
pelantikan penjabat kades di Tanimbar
Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ruben Benharvioto Moriolkossu mewakili Bupati Petrus Fatlolon mengambil sumpah/janji dan melantik dua penjabat Kades.

Saumlaki, Malukupost.com – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Ruben Benharvioto Moriolkossu mewakili Bupati Petrus Fatlolon mengambil sumpah/janji dan melantik dua penjabat Kepala Desa (Kades) di kabupaten setempat.

Berdasarkan pantauan media ini, pelantikan dua kepala desa itu digelar di lantai 2 lobi kantor Bupati, Selasa (26/1/2021) yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan SKPD dan rohaniawan.

Dua Penjabat Kepala Desa tersebut adalah Agustinus Wens Ohoitimur sebagai penjabat Kepala Desa Tumbur kecamatan Wertamrian berdasarkan SK Bupati Kepulauan Tanimbar Nomor : 141 – 24 – Tahun 2021. Dan Nikodemus Ongirwalu sebagai penjabat Kepala Desa Persiapan Sabal, kecamatan Wermaktian berdasarkan Keputusan Bupati Nomor : 141 – 25 – Tahun 2021.

Bupati Fatlolon dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Sekda menyatakan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji adalah bagian dari tugas penyelenggaraan pemerintahan untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa di kedua desa itu.

‚ÄúDesa merupakan garda terdepan dan ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan negara sehinga pelaksanaan kegiatan pemerintahan di desa langsung terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu penting untuk dilakukan pengangkatan Penjabat Kepala Desa yang punya kapasitas ketika pejabat Kepala Desa definitif lowong,” ujarnya.

Bupati Fatlolon berharap, kedua Penjabat Kades yang baru dilantik itu dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya.

“Untuk kedua Penjabat Kepala Desa agar segera melakukan konsolidasi internal dalam rangka pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat sebagai tanggung jawab utama,” ungkapnya.

Bupati Fatlolon juga berpesan kepada Agustinus dan Nikodemus untuk melaksanakan tugas penting di desa yakni terkait persiapan dan fasilitasi pemilihan Kepala Desa yang akan dilakukan pada tahun 2021 di desa Tumbur, serta serta persiapan seluruh administrasi desa untuk beralih status dari Desa Persiapan Sabal menjadi Desa Definitif.

Agustinus Wens Ohoitimur penjabat Kepala Desa Tumbur, kecamatan Wertamrian (kanan), dan Nikodemus Ongirwalu penjabat Kepala Desa Persiapan Sabal, kecamatan Wermaktian.
Agustinus Wens Ohoitimur penjabat Kepala Desa Tumbur, kecamatan Wertamrian (kanan), dan Nikodemus Ongirwalu penjabat Kepala Desa Persiapan Sabal, kecamatan Wermaktian.

Sementara itu, penjabat Kepala Desa Tumbur, Agustinus Wens Ohoitimur usai dilantik menyatakan komitmennya untuk melaksanakan tugas mempersiapkan pemilihan kepala desa dengan tetap menjalankan tugas pokok dan fungsi kepala desa sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Sesuai amanat pemerintah, tugas kami adalah melaksanakan persiapan pemilihan Kepala Desa hingga proses pelantikan kepala desa defenitif. Olehnya itu, dalam proses kurang lebih tiga bulan ke depan, kami minta dukungan pemda, masyarakat dan stakeholder di desa Tumbur agar semua proses ini dapat berjalan dengan baik,” bebernya.

Dijelaskan Ohoitimur, tentang posisi sekretaris desa, pihaknya akan berkonsultasi secara berjenjang untuk memberikan cuti bagi sekdes karena telah dinyatakan lolos dalam tahapan uji kelayakan calon kepala desa Tumbur oleh panitia Pilkades tingkat Kabupaten.

“Tugas-tugas sekretaris akan ditugaskan kepada salah satu staf yang ada di desa kare a sekretaris desa Tumbur yang masih aktif hingga hari ini, akan diberikan cuti hingga proses pemilihan selesai baru diaktifkan kembali,” katanya sembari meminta para awak media untuk bermitra dengan Pemdes Tumbur agar seluruh aktifitas pemdes Tumbur bisa terekspose hingga proses pelantikan kepala desa defenitif.

Ditempat yang sama, penjabat Kepala Desa Persiapan Sabal, Nikodemus Ongirwalu juga menyatakan komitmennya untuk melaksanakan tugas sebagai penjabat kepala desa persiapan Sabal.

“Kami akan menyiapkan segala administrasi untuk desa persiapan Sabal menjadi desa defenitif. Untuk sementara dalam tahapan persiapan administrasinya setelah itu saya akan siapkan semuanya dan menyampaikan kepada Pemerintah daerah, secepatnya dalam tahun ini sudah selesai,” pungkasnya.

Pos terkait