Bawaslu Kepulauan Tanimbar Gelar Bimtek Pengolaan Website

  • Whatsapp

Saumlaki, MalukuPost.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Tanimbar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan website di Saumlaki, Senin (8/3/2021) dan dihadiri oleh pimpinan dan seluruh staf.

Eduardus Futwembun, selaku koordinator divisi pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan lembaga menyatakan Bimtek pengelolaan website itu bertujuan untuk penguatan kapasitas jajaran Bawaslu Kepulauan Tanimbar untuk bisa mengelola website Bawaslu.

“Website bawaslu kepulauan Tanimbar ini sudah dibuat pada tahun 2019 namun belum diaktifkan karena belum adanya peningkatan kapasitas para staf. Jadi tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih jajaran bawaslu untuk menyusun berita,” katanya.

“Diharapkan mereka mampu mengkosepkan suatu berita dengan baik. Dan pada saat pemberitaan melalui website itu menarik pembaca untuk mengupdate data-data dari Bawaslu seperti data pemilih berkelanjutan yang seusai regulasi,” katanya lagi.

Eduardus menambahkan sesuai regulasi, pihak Bawaslu harus mengabarkan informasi terkini tentang pemilih berkelanjutan setiap bulan berjalan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan pihak KPU.

Berdasarkan pantauan, Bimtek tersebut menghadirkan Simon Lolonlun yang merupakan pimpinan redaksi media online DharaPos.com sebagai trainer.

Simon melatih para peserta untuk memahami pedoman dasar menulis berita, teknik menulis berita, menentukan judul berita, menulis opini, cara membuat caption foto serta sejumlah materi dasar.

“Banyak kerja Bawaslu yang belum dipublikasikan. Padahal, jika website Bawaslu bisa digunakan dengan baik, maka akan menjadi sumber informasi bagi para awak media serta masyarakat luas. Jika mau dikenang, menuliskan,” ungkap Simon.

Selain berterima kasih kepada pimpinan Bawaslu atas kepercayaan yang diberikan baginya sebagai trainer, Simon berharap Bimtek tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengelolaan website Bawaslu.

Pos terkait