Ini Pengakuan Fatlolon Selama Empat Tahun Pimpin Kabupaten Kepulauan Tanimbar

  • Whatsapp
foto: Dokumentasi Humas Setda Kepulauan Tanimbar

Saumlaki, MalukuPost.com – Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon mengakui, selama empat tahun memimpin daerah tersebut bersama wakilnya Agustinus Utuwaly, masih menyisahkan sejumlah program prioritas yang belum terlaksana sebagaimana dijanjikan saat proses pencalonan tahun 2017 lalu.

“Memang ada beberapa program prioritas yang belum bisa terwujud karena disebabkan oleh pandemi Covid-19. Ada keterbatasan-keterbatasan, ada pembatasan serta ada rasionalisasi anggaran yang harus kita lakukan,” ujarnya di Saumlaki, Sabtu(22/5/2021) saat menyampaikan refleksi kepemimpinannya selama empat tahun memimpin sejak 22 Mei 2017 – 22 Mei 2021.

Dijelaskan Fatlolon, refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19 merupakan sesuatu hal yang tidak bisa dihindari sehingga mempengaruhi target pelaksanaan program prioritasnya. Tantangan tersebut menurutnya masih akan terus dihadapi karena hingga kini, pandemi Covid-19 ini belum berakhir.

“Kendati demikian, saya berharap program prioritas yang masih perlu dilaksanakan akan terus digenjot pada tahun ini hingga tahun 2022 nanti,” katanya.

“Sektor yang menjadi perhatian seriusnya adalah terkait peningkatan sumber daya manusia terutama di bidang pertanian, perikanan, peternakan dan juga di bidang Migas menyongsong beroperasinya blok Masela,” katanya lagi.

Menurut Fatlolon, rencana dibukanya kampus dengan konsentrasi jurusan Minyak dan Gas bumi (Migas) oleh pemerintah kabupaten Kepulauan Tanimbar, terkendala dengan proses pengurusan administrasi karena pandemi Covid-19.

Hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membuka peluang adanya peningkatan SDM melalui berbagai pelatihan.

Fatlolon katakan, tentang keharmonisan Bupati Petrus Fatlolon dan wakilnya Agustinus Utuwaly yang terkenal dengan jargon Fatwa ini, diakuinya berjalan dengan baik selama ini.

Wakil Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar, Ricky Jawerisa

“Perayaan syukur empat tahun kepemimpinan ini beliau tidak hadir karena ada kegiatan partai. Saya menilai komunikasi kami baik-baik saja, dan Minggu kemarin kan beliau mewakili saya untuk menghadiri beberapa kegiatan,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Tanimbar, Ricky Jawerisa mengapresiasi kerja pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Tanimbar dibawah kepemimpinan Fatlolon – Utuwaly (Fatwa) dengan mendukung rencana prioritas SDM diakhir tahun kepemimpinannya sebagaimana tugas legislatif.

“Kita akan mendukung dan memastikan terutama nanti dalam pembahasan APBD Perubahan dan APBD 2022. Kita akan melihat program-program pemberdayaan terhadap masyarakat, bahkan kita punya anak-anak muda yang nanti bisa berpartisipasi di Blok Masela,” pungkasnya.

Pos terkait