Lanal Saumlaki Siapkan Desa Matakus Sebagai Kampung Bahari Nusantara

  • Whatsapp
Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa
Danlanal Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa

Saumlaki, MalukuPost.com – Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa menyatakan, dalam rangka menyukseskan program Kampung Bahari Nusantara (KBN), pihaknya sedang menyiapkan desa Matakus, kecamatan Tanimbar Selatan, kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku sebagai KBN dibawah kendali Lantamal IX Ambon.

Menurut Ridwan, KBN merupakan program Mabes TNI AL dengan salah satu tujuannya adalah mengimplementasikan kegiatan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi Maritim, serta program lainnya yang difokuskan pada lima kluster yakni kluster pendidikan atau edukasi, ekonomi, kesehatan, pariwisata dan pertahanan keamanan (hankam).

“Untuk pelaksanaan program ini, kita akan menggandeng semua pihak terutama di sektor maritim, dan beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan orientasi lima kluster tersebut,” ungkapnya di Saumlaki, Jumat (21/05/2021) saat memaparkan kesiapan Lanal Saumlaki dalam melaksanakan pilot project tersebut..

Dijelaskan Ridwan, kondisi desa Matakus dari berbagai kluster atau aspek memiliki fasilitas pendidikan yakni dari TK, SD dan SMP dan pihaknya akan mendorong terlaksananya rumah pintar (Rumpin) seperti penyediaan fasilitas belajar dan sebagainya serta melakukan penyuluhan dengan metode kebaharian.

“Membantu mengangkat taraf perekonomian masyarakat melalui pembentukan koperasi dan membantu mencari peluang pasar, sehingga masyarakat dengan mudah memasarkan hasil-hasil laut,” ujarnya.

Ridwan katakan, selain itu, pihaknya akan melakukan bhakti sosial pelayanan kesehatan, membantu pemerintah daerah dalam penyediaan sarana prasarana penunjang pariwisata, dan mempromosikan potensi pariwisata Matakus untuk mengundang daya tarik wisata.

“Semua program ini menggait Pemda, diharapkan dengan ada kluster yang kami buat ada kemajuan satu tingkat dari yang sudah ada. Program ini akan terus berlanjut dan kami akan terus awasi,” bebernya.

Ridwan menambahkan, proses persiapan desa Matakus sebagai KBN itu akan terus dilakukan di tahun 2021 sambil menanti agenda peresmiannya oleh Mabes TNI AL.

“Sudah ada daerah-daerah yang sudah diresmikan tahun ini dan kita belum ditunjuk. Kesiapan kita tahun ini, dan jika tahun depan ditunjuk, kita sudah siap,”pungkasnya

Pos terkait