Inovasi Hasil Olahan Beras Merah Warga Menuai Apresiasi Anggota DPRD Malra

  • Whatsapp
Peluncuran dan Pameran Produk Inovasi Hasil Olahan Beras Merah atau yang dalam bahasa Kei disebut Kokat Vul Vul oleh Majelis Jemaat dan Warga ohoi Ohoira, Kecamatan Kei Kecil Barat, Rabu (19/5/2021).

Langgur, Malukupost.com – Keberhasilan warga GPM Jemaat ohoi (desa) Ohoira dalam menghasilkan berbagai produk makanan yang merupakan inovasi dari hasil olahan beras merah menuai dari berbagai pihak.

Produk makanan hasil olahan warga tersebut dilakukan dalam Peluncuran dan Pameran Produk Inovasi Hasil Olahan Beras Merah atau yang dalam bahasa Kei disebut Kokat Vul Vul oleh majelis jemaat, warga dan pihak ohoi Ohoira, Kecamatan Kei Kecil Barat, Rabu (19/5/2021).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara menyatakan mendukung penuh upaya peningkatan produk dari hasil olahan pangan lokal di wilayah itu.

Selain Pemkab setempat, apresiasi dan dukungan juga datang dari Anggota DPRD Malra, Benediktus F. Rejaan.

Anggota DPRD Malra, Benediktus F. Rejaan, S.Hut, M.Si.

Menurutnya, kegiatan yang dipelopori oleh jemaat GMP Ohoira ini telah sesuai dengan program pemerintah, yakni satu desa memiliki satu inovasi.

“Kita tahu keinginan pemerintah agar setiap ohoi memiliki satu inovasi. Dan saat ini Ohoira mengembangkan produk berbahan dasar beras merah menjadi beraneka jenis makanan. Inovasi seperti ini yang perlu untuk terus dikawal oleh instansi pendukung di daerah,” ujarnya di Langgur, Jumat (21/5/2021).

Rejaan mengatakan, Jemaat GPM Ohoira menghasilkan beberapa produk olahan berbahan dasar beras merah, antara lain brownies, keripik, kerupuk, lorjuk, stick, bolu, talang, dan lapis dengan beberapa rasa disesuaikan dengan selera masyarakat.

“Inovasi ini tidak dikirim untuk dikelola orang lain, tapi kita sendiri yang kelola menjadi bahan jadi yang kemudian bernilai ekonomi guna kesejahteraan kita sendiri,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya berharap ohoiohoi yang lain dapat melihat potensi atau kelebihan yang dimiliki untuk dikembangkan, sehingga berdampak positif bagi ohoi masing-masing.

“Kita berharap Pemerintah melalui instansi terkait untuk terus mendukung usaha masyarakat agar terus berjalan,” pungkasnya.

Pos terkait