Rahayaan : MTQ Tingkat Kota Tual Sebagai Wahana Untuk Pembangunan Akhlak dan Peradaban Bangsa

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan menyatakan penyelenggaraan  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Tual, yang ke-VII sebagai Wahana untuk Pembangunan Akhlak dan Peradaban Bangsa.

“Pelaksanaan even-even keagamaan seperti hari ini, mempunyai posisi yang sangat vital dan strategis dalam rangka pembangunan mental spiritual bangsa.” ujarnya saat membuka pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Tual, Yang Ke-VII di Kecamatan Pulau-Pulau Kur selasa (25/05/2021).

Rahayaan menegaskan, masalah moral atau mental spiritual bangsa akan menentukan masa depan peradaban bangsa ini.

“Sebagaimana bunyi Syarir Arab, suatu bangsa akan tetap eksis atau terkenal karena budi pekertinya, tetapi kalau budi pekertinya hancur maka bangsa itu akan hancur bersama budi pekerti itu.” ucap Rahayaan mengutip syarir tersebut.

Dijelaskan, realita sejarah umat manusia menunjukkan bahwa,  banyak bangsa serta imperium atau kerajaan besar yang pernah berjaya berabad-abad juga hancur.

“Banyak Tokoh besar yang pernah berjaya berabad-abad hancur, karena rusaknya budi pekerti atau akhlak bangsa itu.” katanya

Olehnya itu ajak Rahayaan, melalui kegiatan dihari ini, seluruh lapisan masyarakat dapat menjadikannya sebagai wahana refleksi, berzikir dan bertafakur untuk pembangunan akhlak peradaban bangsa ini.

“Untuk itu kita jangan hanya terjebak pada acara pada kegiatan seremonial kegiatan, tetapi juga dapat mewujudkan masyarakat yang  Agamis, berakhlak mulia serta cerdas juga berperedaban luhur,  agar terhindarnya prilaku tidak terpuji seperti, radikalisme, eksprimisme, dan tidak toleran dalam kehidupan beragama yang rukun.” pungkasnya

Pos terkait