MPC Pemuda Pancasila Kepulauan Tanimbar Serukan Soliditas Jaga Keutuhan NKRI

  • Whatsapp

Saumlaki, MalukuPost.com – Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila kabupaten Kepulauan Tanimbar menyerukan kepada semua elemen pemuda di wilayah itu untuk tetap solid menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Seruan itu disampaikan Rully Aresyaman, bendahara caretaker MPC Pemuda Pancasila kabupaten Kepulauan Tanimbar, mewakili ketua Caretaker MPC Pemuda Pancasila dalam kegiatan refleksi Pancasila yang berlangsung di taman kota Saumlaki, Selasa (01/06/2021) kemarin.

Selain sejumlah fungsionaris MPC Pemuda Pancasila kabupaten Kepulauan Tanimbar yang hadir dalam kegiatan tersebut, hadir pula pimpinan dan sejumlah fungsionaris Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Rully dalam orasinya menyatakan, kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku yang berbatasan laut dengan Australia.

“Sebagai pemuda di perbatasan NKRI kita tetap menjaga keutuhan NKRI. Kami imbau kepada rekan-rekan pimpinan OKP untuk kita tetap menjaga kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Ekbertus Laurens Unenor, caretaker Sekretaris MPC Pemuda Pancasila menyatakan selama 76 tahun perjalanan bangsa Indonesia, Pancasila telah mengalami berbagai batu ujian dan dinamika seperti sejarah sistem politik, sejak jaman demokrasi parlementer, era demokrasi terpimpin, era demokrasi Pancasila, hingga demokrasi multipartai di era reformasi saat ini.

“Pemikiran B.J.Habibi bahwa di setiap jaman, Pancasila harus melewati alur dialektika peradaban yang menguji ketangguhannya sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang terus berkembang dan tak pernah berhenti di satu titik terminal sejarah,” katanya.

“Untuk itu, kita sebagai pemuda perlu menjiwai Pancasila dalam diri kita pribadi sebagai anak bangsa, kemudian kita juga terus membangkitkan kembali penerapan nilai-nilai pancasila dalam diri kita masing-masing,” katanya lagi.

Ekbertus mengimbau para pemuda agar terus memaknai Pancasila sebagai penyaring paham ideologi, pancasila sebagai dasar negara serta landasan ideologi bangsa indonesia.

“Tugas kita sebagai pemuda-pemudi adalah menjaga dan merawat nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Pancasila sebagai resolusi, Pancasila juga sebagai penghubung serta Pancasila sebagai alat penyelesaian masalah. Pancasila juga sebagai pemersatu bangsa terhadap konflik yang kini terjadi,” tandasnya.

Pos terkait